Kembali ke Artikel

Sikap Luno terhadap fork Bitcoin

Claristy
lama baca 3 menit

Baru satu bulan berlalu sejak kebingungan yang terjadi di komunitas Bitcoin mengenai fork Bitcoin yang terjadi bulan lalu, namun kini kami harus memberikan update kembali mengenai fork mendatang yang mungkin terjadi. Dalam periode satu tahun ini, kami telah membantu Anda memahami fork Bitcoin Unlimited dan fork SegWit yang diusulkan, serta fork Bitcoin Cash (yang benar-benar terjadi Agustus lalu).

new-branch-photo

Apa itu fork Bitcoin?

Bitcoin adalah teknologi yang menarik dan terbuka; dimana Bitcoin dibangun dengan model konsensus. Ada berbagai pihak - penambang, pengembang, pengguna dan platform Bitcoin - yang masing-masing memiliki wewenang dan saran mengenai bagaimana cara Bitcoin beroperasi, namun tidak ada satu pun dari mereka yang memiliki otoritas tertinggi.

Jaringan Bitcoin terus dikembangkan melalui berbagai proposal dan pembaruan perangkat lunak (software). Kadang-kadang, beberapa dari pihak yang disebutkan tadi mungkin tidak setuju mengenai rencana atau pelaksanaan usulan-usulan tertentu.

Mereka mungkin menyetujui adanya suatu masalah - misalnya, transaksi Bitcoin yang lamban - namun mungkin mereka tidak setuju tentang cara mengatasinya - bisa saja ada yang menganjurkan blok yang lebih besar (dengan ukuran tertentu), atau ada yang menganjurkan diterapkannya blok dinamis, atau mengubah cara informasi disimpan, dikirim, dan seterusnya. Artinya, mungkin akan ada banyak usulan yang berbeda tentang bagaimana masalah Bitcoin tersebut dapat diatasi.

Bitcoin adalah perangkat lunak (software). Ini berarti pengembang hanya bisa melakukan fork dari cabang perangkat lunak Bitcoin saat ini, dan menyebarluaskan versi baru tersebut yang akan beroperasi dengan seperangkat aturan baru. Jika Anda memiliki satu Bitcoin sebelum fork terjadi, Anda akan memiliki satu Bitcoin dan satu koin baru setelah fork. Inilah yang terjadi dengan Bitcoin Cash di tahun 2017.

Ini tidak sesederhana yang Anda pikirkan, bukan dengan cara membuat mata uang sendiri dengan mencetak dari beberapa lembar kertas di rumah. Ini mungkin adalah tugas teknis yang sederhana, namun mereka harus melakukan branding, distribusi, membangun kepercayaan, memastikan keamanan, cara perbaikan dan menyebarluaskan ke khalayak luas.

Apakah Luno akan mendukung fork mendatang?

Bitcoin adalah teknologi yang selalu berkembang dan kita tidak dapat secara definitif mengatakan apa yang akan terjadi di masa depan. Berikut adalah proposal fork penting dan sikap Luno terhadap mereka. Kami akan memperbarui tabel ini jika ada perubahan.

PROPOSALTANGGALSTATUS
Bitcoin Unlimited~Apr 2017Tidak menerima dukungan. Fork gagal
SegWitJul 2017Didukung mayoritas. Diimplementasi tanpa fork
Bitcoin CashAug 2017Terjadi fork. Luno menambahkan layanan withdrawal & jual BCH
Bitcoin Gold~25 Oct 2017Luno sedang mengamati. Sejauh ini masih terlihat kekurangan dukungan yang cukup dari komunitas
SegWit2x~Nov 2017Luno sedang mengamati. Didukung miner & platform secara signifikan. Luno akan memberikan pelanggan akses ke kedua rantai

Mengapa Luno tidak mendukung [insert new fork name here]?

Karena kita dibanjiri pertanyaan tentang banyaknya fork Bitcoin yang diusulkan, kami ingin mengulangi bahwa prioritas nomor satu kita adalah menjaga uang pelanggan - mata uang lokal dan mata uang digital - Anda dengan aman. Banyak fork mendatang mungkin membawa berbagai risiko keamanan, yang bisa mengakibatkan Anda kehilangan dana.

Kedua, kita memiliki visi (dan tanggung jawab) untuk memastikan Anda dengan aman dan mudah membeli, menjual dan belajar tentang Bitcoin. Sebagian besar proposal fork Bitcoin ini tidak menambahkan nilai signifikan pada ekosistem dan umumnya hanya menambah kompleksitas dan kebingungan.

Ini hanyalah hal yang mempersulit industri dan mengalihkan sumber daya yang terbatas, seperti:

  • Sumber daya engineering yang dibutuhkan untuk menambahkan layanan beli, jual, kirim, terima dan simpan token baru
  • Proses internal dalam menyimpan dan mengamankan token di hot wallet dan cold storage
  • Sumber daya disain - sehingga menambah kompleksitas produk
  • Sumber daya layanan komunitas untuk membantu pelanggan menggunakan, memahami dan memperbaiki masalah yang terkait dengan token baru

Terakhir, ada ribuan alternatif Bitcoin, yang dikenal sebagai altcoin. Banyak fork Bitcoin yang diusulkan akhirnya hanya menciptakan altcoin baru dengan nilai rendah atau nilai yang sama sekali tidak berharga.

Pelanggan yang menginginkan akses ke rantai altcoin baru harus memindahkan Bitcoin mereka ke platform yang mendukung layanan tersebut. Kami tidak dapat merekomendasikan platform apapun, namun kami harap Anda berhati-hati dengan rantai baru tersebut, apalagi terhadap penipuan.

Perhatikan bahwa Anda sebenarnya tidak "melipatgandakan uang Anda" karena fork. Hanya karena Anda memiliki beberapa token baru hasil fork, tidak berarti bahwa token baru tersebut akan memiliki nilai apapun, sekarang atau di masa depan.

Kebijakan fork

Jika sebuah fork baru diumumkan, kami akan mengamati adopsi pasar dan memberikan tingkat layanan yang sesuai.

Misalnya, dalam kasus Bitcoin Cash (BCH), ada minat yang signifikan dari masyarakat. BCH terdaftar di beberapa bursa terkemuka, dan harga diperdagangkan di atas 0,1 BTC selama berbulan-bulan. Oleh karena itu, kami menyediakan layanan untuk menarik atau menjual BCH.

Namun, jika ada fork yang tidak didukung oleh komunitas yang signifikan, juga tidak terdaftar di bursa terpercaya, kami tidak akan memberikan layanan apapun. Tujuan kami adalah untuk memastikan bahwa pelanggan kami tidak kehilangan nilai yang terkait dengan dana mereka.

Masa depan mata uang digital

Semua uang dan teknologi selalu berkembang di jalan yang panjang dan berkelok-kelok, seiring berjalannya waktu. Bitcoin suatu hari nanti dapat menjadi mekanisme pembayaran internasional yang digunakan secara luas. Bitcoin juga dapat (tetap) digunakan sebagai aset alternatif, medium penyimpanan nilai yang relatif mudah dan murah untuk dikirim.

Hanya waktu yang akan memberitahu. Sementara itu, kami tetap berkomitmen untuk menjadi jembatan untuk mereka yang ingin menyeberang ke masa depan keuangan, dengan membantu orang beralih antara mata uang lokal dan digital, dan membuat keseluruhan proses ini sesederhana mungkin.

Avatar Claristy
Penulis

Claristy

A graduate from the University of Indonesia, Claristy is young, enthusiastic, passionate and been awarded as one of the most outstanding students by several companies and institutions in Indonesia. She is a combination of a perfectionist and a high achiever.

Tidak ada kata terlambat untuk mulai menggunakan Bitcoin. Beli, simpan, dan pelajari Bitcoin sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo