Kembali ke Artikel

The Halvening

Werner van Rooyen
lama baca 2 menit

the-halvening

Courtesy: http://www.thehalvening.com (Élise Dé & Laurent D)

Ada banyak kegembiraan dan kebingungan mengenai Bitcoin dan implikasinya kepada pengguna Bitcoin.

Apa itu hadiah halving?

Ketika transaksi Bitcoin ditransmisikan ke Bitcoin network, mereka dikelompokkan bersama-sama ke dalam satu blok lalu dicatat di buku besar yang disebut blockchain. Node (atau "miner") pada Bitcoin network diberikan hadiah karena telah mengkonfirmasikan semua transaksi di dalam blok tersebut.

Protokol Bitcoin telah diprogram untuk mengurangi jumlah hadiah setiap beberapa tahun, sampai titik di masa depan di mana tidak akan ada lagi Bitcoin akan dirilis ke network nya.

Ketika Bitcoin pertama kali dirilis, hadiahnya adalah sebesar 50 BTC per blok. Pada 2012 berkurang menjadi 25 BTC per blok, di mana saat ini, dalam waktu yang dekat --pada hari Sabtu 9 Juli 2016-- hadiahnya akan dikurangi menjadi 12,5 BTC per blok.

Apa yang akan terjadi dengan harga Bitcoin?

Ini adalah pertanyaan sepuluh miliar dolar.

Banyak investor Bitcoin yang merasa bahwa karena pasokan yang terbatasi dan permintaan yang bertambah, atau setidaknya yang tidak berubah, harga Bitcoin seharusnya naik. Ini adalah berdasarkan prinsip dasar ekonomi penawaran dan permintaan.

Namun harus dicamkan bahwa saat ini bukanlah pasokan yang akan menurun, hanya tingkat pertumbuhannya sajalah yang akan menurun. Juga, hadiah halving sudah diketahui sejak hari pertama bitcoin dibentuk, sehingga bisa saja harganya seperti ini dan tidak terpengaruhi sama sekali.

Terakhir, bisalah berguna untuk melihat apa yang terjadi pada kejadian halving sebelumnya. Pada waktu itu, 28 November 2012, harga hanya naik sebesar 1,7%, seperti fluktuasi harian yang normal.

Hal yang paling mungkin terjadi adalah tidak ada kejadian apa-apa sama sekali, seperti layaknya semua prediksi harga, tidak ada yang dapat mengatakan apa yang akan terjadi di masa depan.

Tren jangka panjang selama beberapa tahun kebelakang, menunggu berbulan-bulan dan berminggu-minggu bagi para investor jangka panjang membuahkan hasil yang positif dan bullish. Daripada melihat nilai harga menuju kemana saat periode halving terakhir, kita harus melihat bagaimana harga telah bergerak semenjak dari periode halving terakhir: kenaikan sebesar 735,84% di pasar global USD-BTC.

Avatar Werner van Rooyen
Penulis

Werner van Rooyen

Werner heads up Business Development and Growth at Luno. His passions include payments, e-commerce, technology, marketing and design: something that he has been fortunate enough to do on three different continents. Werner has lived and worked in South Africa, the United States, Indonesia, Taiwan and China.

Tidak ada kata terlambat untuk mulai menggunakan Bitcoin. Pelajari, beli, dan gunakan Bitcoin dengan Luno sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo