Mengupas cuitan Elon Musk: Konsumsi energi adalah kelemahan Bitcoin?

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 7 menit

Dunia aset kripto kembali digegerkan oleh cuitan Elon Musk pekan lalu yang mengumumkan bahwa Tesla sementara ini tengah menghentikan pembelian produknya menggunakan bitcoin.

 

Lewat cuitannya di Twitter, CEO asal Afrika Selatan ini menyinggung dugaan “penggunaan bahan bakar fosil yang besar untuk menambang Bitcoin (bitcoin mining)”. Tuduhan seperti ini bukanlah hal asing bagi komunitas Bitcoin dan tentunya Elon Musk pun diserbu dengan banyak kritikan yang berusaha untuk menyanggah dan menjelaskan fakta sebenarnya tentang konsumsi energi penambangan Bitcoin. Namun, apakah pernyataan Musk tersebut ada benarnya?

 

@elonmusk
Tesla & Bitcoin
Tesla telah memberhentikan pembelian kendaraan menggunakan Bitcoin. Kami sangat prihatin dengan penggunaan bahan bakar fosil yang meningkat dengan pesat untuk penambangan dan transaksi Bitcoin, terutama batu bara, yang menghasilkan emisi bahan bakar terbesar.

Cryptocurrency merupakan gagasan yang baik dalam berbagai aspek dan kami percaya akan masa depannya yang menjanjikan, tetapi hal ini tidak boleh mengorbankan lingkungan.

Tesla tidak akan menjual Bitcoin dan kami tidak akan menggunakannya untuk transaksi sampai penambangan bisa dilakukan dengan energi yang berkelanjutan. Kami juga tengah mencari cryptocurrency lain yang menggunakan <1% energi yang dipakai Bitcoin per transaksinya.

 

Bitcoin berkontribusi pada penggunaan energi terbarukan (renewable energy)

 

Kebanyakan energi yang digunakan sekarang dihasilkan oleh bahan bakar fosil (nonrewable energy). Bahkan kenyataannya, energi berbahan bakar fosil berkontribusi atas lebih dari 80% total konsumsi energi dunia. Pemerintah di berbagai belahan dunia telah menetapkan banyak target yang ambisius untuk mengubah hal ini, namun kita masih jauh dari dunia yang sepenuhnya menggunakan oleh energi hijau (green energy).

 

Salah satu argumen umum yang dilontarkan oleh pendukung Bitcoin dalam perdebatan energi adalah bahwa teknologi ini dibangun sedemikian rupa sehingga dapat memberikan insentif penggunaan energi yang bersih. Hal ini dikarenakan energi terbarukan saat ini jauh lebih murah dibandingkan energi tak terbarukan, dan bagi industri kripto - dimana imbalan (reward) keuangan adalah hal yang amat penting, hal ini adalah masalah yang signifikan. Para penambang akan selalu mengincar tempat dan berpindah ke wilayah dengan dengan sumber daya dan energi yang paling murah.

 

 

@Jeff Booth
A) Manakah yang lebih membahayakan lingkungan?
Sistem moneter penuh inflasi yang HARUS “bertumbuh” selamanya (dan akan memanipulasi uang untuk memastikan terjadinya hal ini)
atau
B) Sistem yang memperbaiki A. (dan sebagai hasilnya, mendorong percepatan industri terbarukan.
#bitcoin menyelamatkan bumi!

 

Laporan terbaru dari perusahaan besar yang menyediakan layanan pembayaran - Square juga menjelaskan bahwa sumber energi terbarukan biasanya menghasilkan persediaan (supply) energi yang berlebih ketika permintaan rendah. Sebaliknya, persediaan akan susah dipenuhi ketika permintaan sedang tinggi. Menurut laporan tersebut, masalah energi terbarukan yang berbeda dan permintaan tenaga listrik dapat diatasi dengan membangun suatu ekosistem “dimana tenaga matahari/angin, baterai, dan penambangan Bitcoin saling berdampingan membentuk ekosistem hijau yang digerakkan sepenuhnya oleh energi terbarukan.”

 

 

Para penambang Bitcoin akan secara efektif menggunakan simpanan energi yang seharusnya terbuang percuma. Laporan tersebut juga menyatakan bahwa para penambang Bitcoin justru menjadi pilihan pembeli atau pengguna yang ideal untuk energi terbarukan karena mereka “menawarkan beban yang sangat fleksibel, memberikan pembayaran dalam bentuk cryptocurrency yang likuid secara global, dan mereka juga tidak tergantung pada lokasi, hanya membutuhkan koneksi internet.”

 

 

@sqcrypto Apr 21, 2021
Jika bitcoin memerlukan sesuatu, hal itu adalah perlunya laporan-laporan resmi. Dalam hal ini, @Square and @ARKInvest bekerja sama untuk membuktikan bahwa bitcoin adalah kunci pendorong masa depan energi terbarukan: squ.re/BCEI-whitepaper

Anda tidak suka membaca? Berikut adalah versi singkatnya:
@sqcrypto
Tenaga matahari dan angin menghasilkan energi yang lebih murah dibandingkan bahan bakar fosil. Hal ini seharusnya menjadikannya bisa diakses di mana-mana, namun hal ini dibatasi oleh sebuah kelemahan: mereka menghasilkan terlalu banyak energi ketika permintaan sedang rendah dan tidak cukup banyak persediaan energi ketika permintaan sedang tinggi. Baterai bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini, namun solusi ini saja belum cukup ekonomis.

 

 

Kita telah melihat bagaimana Bitcoin dapat memanfaatkan energi terbarukan yang seharusnya tidak terpakai. Di wilayah Sichuan dan Yunnan di Cina dimana pembangkit listrik tenaga air sangat melimpah, sebagian besar energi tersebut terbuang sia-sia. Wilayah-wilayah tersebut juga merupakan pusat penambangan Bitcoin, berkontribusi sebanyak 50% dari penambangan global dalam musim hujan dan 10% di musim kemarau.

 

@danheld Jan 19, 2021

1/konsumsi energi Bitcoin tidak “boros”

 

  • Konsumsi energinya lebih efisien dibanding sistem keuangan yang ada sekarang
  • Tidak ada yang memiliki otoritas moral untuk memberitahu Anda manakah penggunaan energi yang baik atau buruk (contohnya: untuk menonton keluarga Kardashian)

 

Mari kita patahkan FUD ini

@JackedTrades

Terdapat lebih banyak energi yang dihasilkan dibanding jumlah permintaannya, tenaga matahari sendiri saja memiliki 5x kapasitas untuk menggerakkan bitcoin. Bitcoin menjadi penawar terakhir untuk memanfaatkan energi berlebih ini. Hal ini tentunya lebih mendukung energi terbarukan dibanding pemerintah atau subsidi manapun.

 

 

Tetapi apakah argumen ini bisa dipertanggungjawabkan? Saat ini, 39% dari penambangan bitcoin dilakukan dengan energi terbarukan dan 76% penambang menggunakan energi terbarukan sebagai bagian dari gabungan energi mereka sehingga jelas ini adalah hal yang mendukung pernyataan tersebut. Di sisi lain, Anda juga bisa berpendapat bahwa Bitcoin memberi insentif bagi penggunaan energi yang lebih murah, dan ketika harga berubah, maka gabungan energi yang digunakan para penambang juga akan berubah.

 

 

Solusinya adalah kita harus memastikan bahwa energi terbarukan tetap menjadi cara paling efisien dalam segi keuangan untuk menggerakkan segala yang kita lakukan. Jika aset kripto mampu memberi insentif akan hal ini, seperti yang diyakini oleh Square, tentunya hal ini akan bermanfaat, bukan?

 

Semuanya memerlukan energi

 

Konsumsi Energi Bitcoin:

Dunia ini menghasilkan 160,000 TWh tiap tahun. 50,000 TWh terbuang sia-sia.

#Bitcoin menggunakan 120TWh

 

 

Salah satu pimpinan Kraken, Dan Held, menyatakan bahwa ekonomi kita tidak didasarkan pada uang, melainkan pada usaha dan energi. Energi mencerminkan nilai, dan hingga titik tertentu, biaya suatu barang mencerminkan energi yang digunakan untuk membuatnya.

 

 

@danheld

20/Beberapa orang mengeluhkan bahwa penambangan Bitcoin tidak menghasilkan sesuatu “yang berguna” seperti menemukan bilangan prima. Tetapi Bitcoin telah melakukan sesuatu yang berguna bagi masyarakat. Tidaklah masuk akal untuk meminta para penambang melakukan fungsi yang begitu altruistik tanpa insentif.

@danheld

21/Segala sesuatu memerlukan energi. Mengklaim bahwa penggunaan salah satu energi lebih atau kurang boros dibanding lainnya adalah hal yang sangat subyektif karena semua penggunaan telah membayar harga pasar untuk menggunakan tenaga listrik tersebut.

 

 

@Eric_BIGfund

Uang adalah energi. Semuanya memerlukan energi. Memikirkan penggunaan energi yang lebih baik (energi sisa, terbarukan, hijau atau energi yang terbuang lainnya) merupakan hal yang lebih menantang daripada mengamankan jaringan keuangan global yang menawarkan kemerdekaan keuangan bagi miliaran orang. #bitcoin

 

 

Transparansi Bitcoin menguntungkan dalam berbagai hal, namun di sisi lain juga merugikan. Hal ini memberikan bahan olokan bagi para anti-bitcoin karena transparansi bitcoin memudahkan untuk memperkirakan emisi karbon bitcoin dibanding mata uang lain – termasuk mata uang seperti dolar AS. Dan jika data yang diberikan Held bisa dipercaya, cadangan mata uang dunia juga lebih kotor.

 

 

@danheld

Apakah selanjutnya Anda akan berhenti menerima Dolar AS yang menghabiskan lebih banyak energi?

Biaya Tahunan Energi yang Terpakai (GJ)
Penambangan Emas $105B 475M
Daur Ulang Emas $40B 25M
Mata Uang Kertas dan Koin $28B 39M
Sistem Perbankan $1,870B 2,340M
Pemerintah $27,600B 5,861M
Penambangan Bitcoin $5.4B 183M

 

 

Penelitian terbaru oleh Yassine Elmandjra, seorang analis dari ARKInvest, juga mendukung hal ini. Elmandjra menemukan bahwa perbankan tradisional menghabiskan 2.34 miliar gigajoule (GJ) per tahun dan penambangan emas menggunakan 500 juta GJ. Di sisi lain, Bitcoin mengkonsumsi 184 juta GJ – kurang dari 10% dan 40% dibanding perbankan tradisional dan penambangan emas.

 

 

@smithstock

Jadi membakar bahan bakar fosil untuk token digital dalam skala alkitabiah adalah sebuah “fitur”? Saya hargai kejujuran Anda

 

@crypto_martian

Sistem keuangan fiat membakar lebih banyak bahan bakar fosil dibanding Bitcoin. Jika Anda peduli terhadap lingkungan, Anda seharusnya segera berhenti menggunakan petrodolar dan mulai menggunakan Bitcoin. Dolar digerakkan oleh perang dan minyak. Bitcoin digerakkan oleh matematika dan tenaga listrik. Bitcoin mempercepat energi bersih.

 

 

Namun, membandingkan sistem perbankan dengan Bitcoin adalah seperti membandingkan buah apel dengan buah jeruk. Mekanisme perbankan tradisional memerlukan lapisan penyelesaian berlipat sementara Bitcoin menawarkan penyelesaian akhir. Hampir mustahil untuk menghitung jumlah pusat data, kantor cabang dan jaringan kartu (serta banyak lagi) yang berkontribusi pada emisi karbon yang dihasilkan oleh sistem perbankan tradisional.

 

 

Bitcoin bisa menggantikan seluruh energi yang digunakan untuk kegiatan ekonomi

 

Argumen bahwa industri lain adalah penyumbang polusi yang lebih besar bukanlah hanya sekadar imajinasi belaka. Tidak ada yang dapat membantah bahwa bitcoin mengkonsumsi energi dan bertanggung jawab atas bagiannya dalam menghasilkan emisi karbon. Namun yang paling penting adalah bahwa bitcoin berpotensi menggantikan dan menggabungkan berbagai macam sistem yang bisa menguntungkan semua orang, dan dengan melakukan hal ini, emisi global pun bisa menurun dengan pasti.

 

 

Akan menjadi seberapa bersihkan dunia ini tanpa penambangan dan penyimpanan emas, bank sentral, penarikan uang tunai, dan truk diesel kotor yang mengirimkan lembaran-lembaran kertas hampir ke semua kota di dunia? Jawaban Anda mungkin sama dengan jawaban kami. Tapi kami akan membiarkan Saylor melakukan ELI5.

 

 

 

@LilyKnightShow

“#Bitcoin adalah uang paling bersih yang pernah ditemukan oleh manusia” - Michael Saylor

 

Pertanyaan utamanya adalah apakah Anda berpikir bahwa bitcoin adalah pembuangan energi yang sia-sia, apakah menurut Anda bitcoin tidak membuat dampak yang nyata dan tidak akan merevolusi sistem keuangan. Kami sangat meyakini bahwa bitcoin akan merevolusi sistem keuangan menjadi lebih baik dan bahwa bitcoin telah menolong jutaan orang di seluruh dunia, dan akan terus menolong dan menguntungkan lebih banyak orang.

 

 

Dalam beberapa bulan terakhir, contohnya, para aktivis Belarus telah mengirim bitcoin senilai lebih dari 3 juta dolar langsung ke pekerja yang melakukan aksi demonstrasi  sehingga mereka tidak dapat dihadang oleh pemerintah, yang kemudian dikonversikan secara lokal dalam bentuk rubel untuk memberi makan keluarga mereka sementara mereka melakukan protes terhadap pemerintah diktator negara mereka. In bukanlah sesuatu yang terjadi di masa depan, ini terjadi sekarang di depan mata kita. 

 

 

Bitcoin telah memainkan peran yang penting, dan meskipun bitcoin menggunakan energi yang banyak, namun jika dibandingkan dengan sektor lain, bitcoin merupakan kemajuan yang pesat dan akan menjadi semakin efisien dalam penggunaan energinya dari waktu ke waktu. Ini juga adalah area dimana Musk dapat membantu. Musk tampaknya menyadari manfaat aset kripto, dan semoga kini ia telah cukup puas bermain Twitter, dan bisa mulai terlibat secara konstruktif dalam mengembangkan solusi yang dapat semakin meningkatkan gabungan energi terbarukan yang digunakan oleh para penambang.

 

Simak konten menarik lainnya di Blog dan Portal Belajar kami untuk mengetahui gambaran besar dari topik ini.

 

Sampaikan kami pendapat Anda di Instagram kami.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan dan belajar tentang aset kripto sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo