Twitter gegerkan pasar aset kripto pasca ATH Bitcoin #BeritaKripto

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 2 menit

Upgrade Taproot akhirnya meluncur di jaringan Bitcoin pada Minggu pagi. Upgrade software yang sudah lama ditunggu-tunggu ini bertujuan untuk meningkatkan privasi, skalabilitas transaksi Bitcoin, dan keamanan jaringan.

Tapi yang paling penting adalah, Taproot dapat membuka potensi bagi smart contract (kontrak pintar). Teknologi ini memungkinkan transaksi terjadi tanpa perantara (middleman). Smart contract sebelumnya sudah dimiliki Ethereum, dan menjadi kunci popularitas aset kripto tersebut.

Pasca upgrade Taproot, pasar aset kripto tidak mengalami lonjakan besar. Harga Bitcoin sempat melambung menembus angka US$66.000 (Rp924 juta) pada hari Senin pagi.

Twitter goncangkan pasar aset kripto?

Sayangnya, sentimen pasar menurun setelah CFO Twitter, Ned Segal, menyatakan bahwa investasi kripto tidak akan dilakukan oleh perusahaan media sosial tersebut. Akibatnya, untuk pertama kali sejak 1 November, harga Bitcoin turun hingga di bawah level US$60.000 (Rp840 juta) pada hari Selasa. Tak lama setelahnya, harga Bitcoin pulih kembali.

Meskipun tidak ada ekspektasi bahwa Twitter akan menambahkan Bitcoin ke dalam neracanya, namun perusahaan media sosial ini dianggap cukup memiliki pandangan bullish terhadap kripto. Kesan tersebut muncul setelah CEO Twitter, Jack Dorsey, dalam konferensi Bitcoin 2021 di Miami menyatakan bahwa Bitcoin “mengubah segalanya”.

Square patahkan pernyataan CFO Twitter

Square, salah satu perusahaan yang dimilik Dorsey yang bergerak di bidang pembayaran digital, telah memiliki dan juga berinvestasi Bitcoin. CFO Square, Amrita Ahuja, mengungkapkan dalam suatu wawancara bahwa, “Kami telah membeli bitcoin untuk neraca kami, yang kami yakin tidak hanya menunjukkan keterlibatan kami di dalam dunia aset kripto...tetapi juga bisa memberikan keuntungan finansial yang menarik dalam jangka panjang.”

Warga El Salvador bayar biaya tagihan listrik dengan Bitcoin

Bitrefill, sebuah startup yang menyediakan layanan pembayaran kebutuhan sehari-hari dengan bitcoin, telah meluncurkan layanan pembayaran tagihan di El Salvador.

Penduduk El Salvador sekarang dapat membayar tagihan di lebih dari 150 layanan pembayaran dengan Bitcoin di platform Bitrefill melalui Lightning Network atau transaksi on-chain. Dua diantara tagihan yang dapat dibayar melalui layanan ini adalah tagihan pinjaman untuk pembelian rumah dan listrik.

Analisis harga

Harga bitcoin kini terkonsolidasi di antara level support US$60.000 (Rp840 juta) dan resistance terdekat di ATH terakhir US$67.000 (Rp938 juta). Jika gagal mempertahankan level support ini, maka support selanjutnya berada pada kisaran US$58.000 (Rp812 juta).

Level support terdekat di bawah US$58.000 ada pada rentang US$53.000 (Rp742 juta) - US$55.000 (Rp770 juta), yang merupakan level di mana Bitcoin dipertukarkan sebelum mencapai ATH. Di sisi lain, resistance terdekat ada pada level US$67.000. Jika harga berhasil menembus angka ini, maka resistance selanjutnya adalah pada ATH US$69.000 (Rp966 juta).

Isi artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan bukan saran investasi atau bentuk rekomendasi ataupun ajakan. Luno selalu menyarankan Anda untuk mendapatkan nasihat keuangan oleh Anda dan untuk Anda sendiri sebelum berinvestasi atau trading cryptocurrency.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan dan belajar tentang aset kripto sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo