Volatilitas Turun-Apple Lirik BTC, Siap-Siap Breakout? #BeritaKripto

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 2 menit

 

Harapan Bitcoin akan breakout minggu ini kembali pupus. Volatilitas BTC menurun, tak heran jika kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar ini diperdagangkan pada rentang yang cukup tipis di kisaran $32,000 - $36,000 (Rp448 juta - Rp504 juta). Akankah ada kabar yang kembali menimbulkan harga, atau ini adalah masa tenang sebelum terjadi breakout?

 

Perusahaan intelijen blockchain Glassnode, menyebutkan bahwa periode stabil ini bisa jadi merupakan dampak dari masuknya investor institusional di tahun lalu. 

 

Mengutip pertanyaan dari Glassnode, “Tahun 2020 dan 2021 menandai kedatangan investor institusional ke ranah kripto. Kita merayakannya dengan sukacita, namun lupa akan satu hal: Mereka yang bekerja di perusahaan-perusahaan raksasa keuangan ini suka liburan musim panas.” 

 

Mengingat para investor institusional ini nampaknya masih berlibur di momen musim panas ini, mungkin kita perlu bertanya, apakah investasi kripto masih cukup seksi dan kembali ada pergerakan setelah masa liburan ini usai?

 

Apple lirik Bitcoin?

Sementara itu, gosip cukup heboh pekan ini datang dari Apple yang katanya akan mengumumkan investasi besar pada Bitcoin. Meskipun belum pasti, namun kabar ini ramai digoreng di media sosial, bahkan sudah terpublikasikan di media nasional Inggris. 

 

Perlu diketahui bahwa pada laporan kuartal terakhirnya, Apple tercatat memiliki kas sebesar $200 miliar (Rp2.800 triliun). Sebagian kecil dari aset mereka ini masih tergolong jumlah yang besar. Tapi, apakah rumor ini benar adanya, atau hanya “halu” para penggemar Bitcoin?

 

Gaji BTC untuk warga Argentina

Di belahan dunia lain, Argentina nampaknya mulai menunjukkan sinyal baik pada Bitcoin. Anggota kongres Argentina, José Luis Ramón, minggu lalu baru saja menyampaikan rancangan undang-undang yang akan mengizinkan para pekerja untuk menerima gaji mereka secara penuh atau sebagian dalam bentuk Bitcoin. 

 

Ramón menjelaskan bahwa dengan melakukan hal ini, “Rakyat Argentina dapat memperkuat otonomi dan mempertahankan daya beli remunerasi mereka.”

 

Langkah ini diambil melihat kondisi mata uang Argentina yang mengalami devaluasi. Nilai Peso turun dari $0.02 jadi $0.006 dalam kurun waktu 18 bulan, dengan inflasi yang menyentuh 40%. 

 

Jika lebih banyak negara yang bisa melihat sisi lain kripto seperti Argentina, sepertinya ranah kripto akan jadi lebih menarik dan bukan tidak mungkin, hal tersebut bisa berpengaruh pada pergerakan nilai Bitcoin.

 

Analisis Harga

Sepanjang bulan Juli, bitcoin telah mengalami konsolidasi dalam rentang trading yang makin menyempit, didampingi dengan harga rendah tertinggi. Jika diamati secara jangka pendek, bitcoin membentuk segitiga menurun, yang biasanya dilihat sebagai indikator bearish oleh para analis teknikal.

 

Untuk sementara ini, level $32,000 (Rp448 juta) tampaknya merupakan level Support yang cukup kuat, namun breakout di bawah angka ini bisa menyebabkan harga turun ke level Support $30,000 (Rp420 juta). 

 

Jika bitcoin berhasil menembus rentang harganya dan menuju ke atas, maka level $36,000 (Rp504 juta) dan $39,000 (Rp 546 juta) akan keluar menjadi area yang sebelumnya adalah level Resistance yang kuat. Trader perlu waspada terhadap potensi breakout melihat volatilitas yang berkurang dan rentang trading yang semakin mengecil.

 

 

Isi artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan bukan saran investasi atau bentuk rekomendasi ataupun ajakan. Luno selalu menyarankan Anda untuk mendapatkan nasihat keuangan oleh Anda dan untuk Anda sendiri sebelum berinvestasi atau trading cryptocurrency.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan dan belajar tentang aset kripto sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo