Help Centre

Hi. Ada yang bisa kami bantu?

Cari

Tips menghindari penipuan Bitcoin

Bitcoin adalah teknologi baru dan inovatif. Banyak pikiran cemerlang dunia bekerja membangun infrastruktur Bitcoin yang diharapkan akan memperbaiki kehidupan banyak orang melalui kenyamanan dan keamanan yang ditawarkan. Alhasil, Bitcoin diharapkan dapat memberikan solusi nyata atas masalah di industri keuangan dunia.

Sayangnya, banyak juga pelaku penipuan (scam) di luar sana yang selalu mencari cara untuk mencuri Bitcoin Anda. Pada artikel ini, kami akan memberi Anda beberapa tips sederhana untuk menghindari penipuan ini.


Skema ponzi atau piramida yang populer di kalangan Bitcoin saat ini, berikut definisinya:

"Penipuan investasi yang menjanjikan keuntungan tinggi dengan risiko kecil bagi para investor. Skema Ponzi menghasilkan imbalan bagi investor yang lama dengan mengakuisisi investor baru. Penipuan ini memang akan menghasilkan imbalan yang dijanjikan kepada investor terdahulu, selama ada lebih banyak investor baru yang didapatkan. Skema biasanya runtuh dengan sendirinya saat tidak ada investor baru yang bergabung. " - Investopedia


Skeptisisme adalah pertahanan terbaik Anda

Penting untuk dicatat bahwa transaksi Bitcoin tidak dapat dibalikkan dan oleh karena itu, setelah Anda mengirim Bitcoin Anda kepada seseorang, Anda tidak dapat membatalkan transaksi. Carilah indikator legitimasi atau keabsahan si penerima sebelum mengirimkan Bitcoin Anda kepada siapa pun. Jika situs web atau penyedia layanan tidak memiliki rincian kontak apapun yang tercantum di situs tersebut, walaupun ini bukan indikator pasti dari penipuan, namun Anda harus berhati-hati melakukan transaksi di situs tersebut.


Batas waktu

Ketika berhadapan pada aktivitas penipuan, penjahat biasanya akan berusaha meyakinkan Anda untuk segera bertindak cepat agar Anda tidak kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan besar.


Bayar di muka (DP)

Satu hal yang biasanya terjadi pada setiap penipuan adalah korban diharuskan menyediakan uang di muka, seringkali diminta sebelum sempat menerima rincian yang sebenarnya dari layanan, imbalan, atau informasi orang atau perusahaan tempat dana tersebut dikirimkan.


Janji akan keuntungan cepat

Karena Bitcoin adalah teknologi yang baru dan banyak pengguna yang tidak terbiasa dengan semua kerumitan teknisnya, pelaku penipuan akan mencoba meyakinkan Anda bahwa pengembalian investasi yang luar biasa besar dimungkinkan dalam waktu yang sangat singkat. Meskipun Bitcoin dan mata uang digital lainnya sangat mudah berubah dan spekulasi dapat menghasilkan keuntungan dan kerugian yang luar biasa besar, mengirimkan Bitcoin Anda ke pihak ketiga yang anonim dan mengklaim telah menemukan "celah dalam kran" (“loophole in faucets”) atau "kelemahan keamanan yang kecil namun dapat dieksploitasi secara signifikan" tidak disarankan. Jangan termakan janji manis penipu.


Akal sehat

Gunakan akal sehat Anda, jika imbalan terdengar terlalu fantastis jika menjadi kenyataan, mungkin memang itu tidak akan menjadi kenyataan.


Jangan ragu untuk bertanya

Tips yang bermanfaat untuk menemukan reputasi situs web atau seseorang yang menulis email kepada Anda adalah dengan melakukan pencarian di Google untuk URL atau pengirimnya. Seringkali, Anda akan menemukan postingan orang lain yang telah menggunakan layanan yang sama yang menyatakan bahwa mereka mengalami kesulitan. Dari pendapat-pendapat ini, Anda akan bisa menarik kesimpulan yang lebih akurat.

Pelaku penipuan akan sering mencoba meyakinkan Anda bahwa metode mereka mendapatkan keuntungan adalah "rahasia", atau tidak jelas, atau terlalu teknis untuk dijelaskan. Mereka akan sering menggunakan bahasa yang sangat teknis atau, sebenarnya, bahasa yang sangat buruk dalam upaya untuk mencegah korban mereka untuk menyelidiki rincian operasi. Hal ini sangat mendukung untuk "batas waktu" yang disebutkan di atas.

Mohon bersikap skeptis dan bijaksana terhadap dana Anda. Meskipun Luno tidak dapat menjamin dan mengomentari legitimasi layanan Bitcoin lainnya, kami selalu menghargai pemberitahuan dari pelanggan kami dalam kejadian yang disayangkan dari penipuan yang ditemukan.

Jika Anda memiliki informasi mengenai penipuan terkait Bitcoin, silakan hubungi kami.


Artikel terkait

Apa itu otentikasi dua faktor?

Cara aktivasi otentikasi dua faktor (2FA)

Saya kehilangan ponsel atau saya telah menghapus aplikasi otentikasi dua faktor. Bagaimana cara melakukan reset 2FA?


Apakah artikel ini membantu?

Hubungi kami bila perlu bantuan

Tidak ada kata terlambat untuk memulai.
Beli, simpan, serta pelajari Bitcoin dan Ethereum sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo