Help Centre

Houston, kami punya masalah!

Cari

Bagaimana cara kerja Luno Exchange?

Sebuah sistem pertukaran, seperti Luno Exchange adalah platform yang menghubungkan calon pembeli dan calon penjual. Platform ini memungkinkan mereka untuk saling menukar produk, saham, mata uang, dan pada sistem Luno Exchange: Bitcoin.


Luno tidak membeli atau menjual Bitcoin, dan kami tidak menentukan harga kurs Bitcoin, kami hanya platform yang menghubungkan pembeli dan penjual.

Penjual & Order Ask

Pertama, ada penjual. Penjual memiliki sejumlah Bitcoin dan ingin menjual Bitcoin untuk mendapatkan mata uang lokal.


Penjual mengunjungi Luno Exchange dan membuat deposit Bitcoin.

Mereka punya 1 BTC yang ingin mereka jual.



Mereka lalu membuat order (disebut dengan meminta/ask). “Saya menginginkan 7000 ZAR Anda untuk 1 BTC saya.”


Hal ini disebut market making, karena mereka membuat order dan menambah likuiditas pada exchange (dalam bentuk Bitcoin yang belum di-trade).

Pembeli & Order Bid

Pada sisi lain dari exchange Anda akan menemukan calon pembeli.


Pembeli mengunjung exchange tersebut, melakukan deposit mata uang lokal yang akan digunakan untuk membeli Bitcoin.


Pembeli dapat melakukan satu dari kedua hal ini; mereka dapat mengambil order yang ada sebelumnya (membayar 7000 ZAR untuk 1 BTC) atau membuat order baru (disebut bid), seperti “Saya hanya mau membayar 5000 ZAR untuk 1 BTC”.


Untuk contoh ini, mari kita anggap pembeli memilih pilihan kedua dan membuat order bid.


Pilihan kedua ini, juga disebut market making karena mereka menambah likuiditas pada exchange dalam bentuk mata uang lokal, yang belum di-trade. 


Jadi kini ada dua order di exchange; satu adalah seseorang yang ingin menjual 1 BTC mereka seharga 7000 ZAR, dan di sisi lain adalah seseorang yang ingin membeli 1 BTC dengan harga 5000 ZAR. 


Pada skenario ini, market belum menemukan kecocokan karena pembeli dan penjual tidak setuju pada satu harga yang sama. Pembeli ingin membayar terlalu sedikit (dari sudut pandang penjual) dan penjual meminta terlalu banyak (dari sudut pandang pembeli).

Permintaan dan penawaran lebih banyak

Selama ada permintaan dan penawaran terhadap barang yang dibeli dan dicari (Bitcoin dan mata uang lokal), semakin banyak pembeli dan penjual akan ke market dan membuat order mereka, pada harga yang lebih tinggi atau lebih rendah dari order sebelumnya.


Pada akhirnya akan ada titik dimana market bertemu, dimana terdapat seorang pembeli dan seorang penjual yang setuju pada satu harga tertentu.


Contohnya, jika ada penjual lain dengan 1 BTC dan mereka menyatakan, “Saya memiliki 1 BTC dan saya mau jual seharga 6000 ZAR.”


Dan muncul juga pembeli lain yang menyatakan, “Saya mau 1 BTC dan saya akan membayar 6000 ZAR untuk itu!”


Pada skenario ini, pembeli akan mendapatkan apa yang ia inginkan (1 BTC) dan penjual akan mendapatkan apa yang ia inginkan (6000 ZAR) dan order itu ditutup. Market telah bertemu dan cocok.


Order sebelumnya akan tetap terbuka hingga, seorang pembeli baru muncul dan mau mengeluarkan 7000 ZAR, dan seorang penjual baru muncul dan mau menerima 5000 ZAR.


Satu hal yang harus diingat, bahwa untuk menyediakan layanan untuk pengguna, integrasi platform, customer support, keamanan, dan menjamin setiap transaksi kredibel dan aman untuk pembeli dan penjual, platform (yaitu Luno) mengenakan sedikit biaya kecil.


Luno mengacu pada struktur biaya maker/taker fee model. Struktur biaya ini dapat dilihat disini.


Apakah artikel ini membantu?

Hubungi kami bila perlu bantuan

Tidak ada kata terlambat untuk mulai menggunakan Bitcoin. Pelajari, beli, dan gunakan Bitcoin dengan Luno sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo