Help Centre

Hi. Ada yang bisa kami bantu?

Cari

Apa itu Bitcoin Cash (BCH)? Apakah saya memilikinya? Bagaimana cara saya mendapatkannya dari Luno?

Pada hari Selasa 1 Agustus 2017, terjadi fork pada jaringan Bitcoin yang berujung pada pembentukan dua blockchain. Namun jangan khawatir, Bitcoin Anda tetap aman di Luno.

Alhasil, jika Anda memiliki saldo Bitcoin di dompet Luno Anda pada saat fork terjadi, Anda akan memiliki saldo Bitcoin Cash yang sama persis dengan saldo Bitcoin Anda ketika fork terjadi. Mata uang digital baru ini disebut dengan "Bitcoin Cash", "BCash" dan menggunakan kode mata uang "BCH" atau "BCC". Luno menggunakan BCH sebagai kode untuk mata uang digital baru ini.

Informasi lebih lanjut tentang fork dapat ditemukan di sini.


Apa yang saya lakukan sekarang?

Anda tidak diharuskan untuk melakukan apapun. Anda juga dapat menyimpan BCH Anda di Luno. 

Luno menyediakan layanan ini:

  • Kirim BCH Anda ke dompet atau bursa lain yang mendukung BCH

  • Jual BCH Anda ke Bitcoin


Karena market BCH adalah market yang masih berada di fase awal, Luno hanya dapat memproses sejumlah penjualan BCH ke BTC. Jika Anda gagal mengirim BCH, silahkan coba lagi.

Setiap transaksi pengiriman BCH akan diproses Luno satu kali sehari. Pengiriman BCH akan diproses hari Senin hingga Jumat pada jam yang tertulis di sini. Fitur khusus ini tidak tersedia di aplikasi Android atau iOS Luno.

Untuk mengirim BCH Anda dari Luno, Anda harus masuk ke Luno dari browser web Anda.

Penting: Pastikan Anda mengirim BCH Anda ke alamat dompet BCH, bukan alamat dompet Bitcoin. Menggunakan alamat dompet yang salah dapat menyebabkan Anda kehilangan BCH Anda.


Apakah ini berarti saya memiliki Bitcoin dua kali lebih banyak sekarang?

Tidak. Jika Anda memiliki Bitcoin pada saat fork, Anda akan memiliki saldo BCH yang sama persis sesuai saldo pada saat fork terjadi. Harga BCH akan bervariasi dan berfluktuasi secara independen atau terpisah dari harga BTC. Misalnya, BTC 1.0 bisa bernilai $2500 dan BCH 1.0 bernilai $500.


Jika saya mengirim BCH saya, apakah saldo BTC saya akan terpengaruh?

Tidak. Bitcoin (BTC) dan BCH adalah dua blockchain yang terpisah. Mengirimkan BCH Anda tidak akan mempengaruhi saldo BTC Anda dan juga sebaliknya.


Jika saya mengirim BTC ke Luno sekarang, apakah saya akan menerima BCH?

Tidak. Fork blockchain hanya terjadi satu kali. Jika Anda menginginkan BCH sekarang, Anda harus membeli atau menambang BCH.


Jika saya sudah menjual BTC setelah fork, apakah saya tetap menerima BCH?

Iya. Jika Anda memiliki saldo BTC pada saat fork terjadi, Anda akan menerima saldo dengan jumlah yang sama untuk BCH, terlepas dari apakah Anda kemudian telah menjual atau mengirimkan BTC Anda dari Luno setelah fork tersebut terjadi.


Dimana saya bisa melihat saldo BCH saya?

Jika Anda memiliki saldo BCH, kami akan menampilkannya pada sebuah kartu di layar utama aplikasi, yang akan menunjukkan saldo Anda. Saat ini Anda tidak dapat melihat saldo BCH Anda di dompet pada aplikasi Android atau iOS Luno.

Untuk melihat saldo BCH Anda dan mengirimkannya, Anda harus masuk ke Luno dari browser web Anda di laman ini.


Exchange (bursa) mana yang mendukung BCH?

Perusahaan dan penyedia layanan Bitcoin masih dalam proses menentukan apakah mereka mendukung BCH atau tidak. Luno tidak dapat memberikan rekomendasi layanan pihak ketiga.


Mengapa saya tidak bisa membeli dengan Luno?

Luno menganggap Bitcoin sebagai mata uang digital yang paling populer dan sah. Kami terus memantau industri ini dan kami mungkin memutuskan untuk membuat daftar mata uang digital lainnya di masa depan. Pada saat ini, bagaimanapun, kami tidak memiliki rencana untuk mendukung transaksi jual beli BCH.


Apakah artikel ini membantu?

Hubungi kami bila perlu bantuan

Tidak ada kata terlambat untuk mulai menggunakan Bitcoin. Beli, simpan, dan pelajari Bitcoin sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo