Kembali ke Portal Belajar

Dapatkah Anda melacak alamat Bitcoin?

Banyak yang meyakini bahwa Bitcoin sepenuhnya anonim, padahal transaksi Bitcoin sebenarnya pseudoanonim. Artinya, dengan analisis forensik, setiap alamat Bitcoin yang digunakan dalam sebuah transaksi sangat mudah ditelusuri.

Seluruh transaksi Bitcoin dan alamat dompet yang terlibat di dalamnya tercatat dalam blockchain publik atau blockchain Bitcoin. Catatan ini terbuka dan tersedia untuk dilihat bagi semua orang namun data identitas pihak yang melakukan transaksi tidak dapat dilihat.

Alamat dompet Bitcoin sendiri tidak menampilkan rincian identitas yang jelas, namun masih dapat diterlusuri lebih lanjut. Bayangkan alamat Bitcoin seperti alamat email atau alias online. Tingkat kesulitan untuk menghubungkan alias Anda dengan tindakan Anda bergantung pada apa yang Anda lakukan dengan alias Anda dan pada kemauan pihak lain untuk menelusurinya.

Misalnya, Anda membagikan alamat dompet Bitcoin Anda kepada orang lain. Contohnya, pada sebuah forum atau rapat terbuka. Meskipun alamat tersebut tidak dibagikan dengan rincian identifikasi lainnya, ada kemungkinan Anda menggunakan nama pengguna tersebut di tempat lain. Anda mungkin pernah membagikan rincian identifikasi di postingan lain melalui nama pengguna tersebut, yang bisa dilacak dengan melihat riwayat posting Anda. Anda mungkin pernah menggunakan alamat email untuk mendaftar ke sebuah forum yang bersifat publik. Bukan hal yang sulit untuk mengkaitkan rincian identifikasi yang didapat untuk mendapatkan kesimpulannya

Pada dasarnya, setiap kali Anda membagikan alamat Bitcoin, Anda memungkinkan orang lain untuk menghubungkan diri Anda dengan alamat Anda. Jika Anda membeli sesuatu di toko, kecil kemungkinan bagi penjual untuk repot-repot melacak Anda, biaya yang dibutuhkan juga mahal. Namun jika Anda melakukan sesuatu yang berbahaya dengan Bitcoin Anda, pihak kepolisian akan terdorong untuk melacak Anda.

Penting untuk diketahui, karena Anda dapat melihat seluruh transaksi yang terjadi di seluruh jaringan Bitcoin, maka sejumlah alamat Bitcoin dapat dikelompokkan bersama. Alamat tersebut dapat dikaitkan dengan alamat yang sama. Oleh sebab itu, jika salah satu dari alamat tersebut dihubungkan dengan identitas seseorang di dunia nyata melalui satu atau beberapa metode deanonimisasi, maka seluruh alamat tersebut juga bisa dihubungkan dengan identitas orang tersebut.

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo