Kembali ke Portal Belajar

Bagaimana cara kerja Exchange cryptocurrency?

Sebuah bursa atau Exchange cryptocurrency (aset kripto) adalah platform yang mempertemukan pembeli dan penjual cryptocurrency

. Sebagian besar cara kerjanya sama dengan Exchange aset lainnya, seperti saham. Namun berbeda dengan Exchange tradisional yang memiliki jam perdagangan atau trading yang tetap, trading cryptocurrency aktif selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Untuk melakukan pembelian pada Exchange, pembeli harus memasukkan dana pada akun mereka, yang dikenal sebagai dompet. Pembeli bisa menggunakan mata uang lokal atau aset kripto lainnya.

Pembeli kemudian melakukan perintah ‘buy’ pada Exchange. Ini merupakan permintaan untuk membeli Bitcoin atau aset kripto lainnya pada harga yang telah mereka pilih. Perintah ini dan perintah ‘buy’ dan ‘sell’ lainnya akan ditambahkan ke ‘order book’ atau papan order.

Order book merupakan daftar jumlah cryptocurrency yang ingin 'dijual' dan 'dibeli', serta harga yang mereka inginkan. Exchange pada dasarnya berperan sebagai layanan 'makcomblang' bagi keduanya.

Penting untuk diketahui bahwa Exchange tidak menentukan harganya. Hukum permintaan dan penawaranlah yang menentukan. Exchange hanyalah penengah yang menghubungkan pembeli dan penjual. Inilah alasan Anda akan melihat sedikit perbedaan harga pada Exchange yang berbeda.

Ada banyak Exchange yang berbeda dan mereka mempunyai tingkat keamanan serta privasi yang berbeda, namun mereka semua memasang biaya untuk layanan Exchange mereka. Pastikan Anda melakukan riset mengenai tim dan tingkat keamanan Exchange tersebut sebelum menggunakannya.

It’s never too late to get started

Buy, store and learn about Bitcoin, Ethereum, XRP and Litecoin now

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo