Kembali ke Portal Belajar

Apakah Bitcoin node sama dengan Bitcoin miner??

Bitcoin node pada dasarnya merupakan alat penyimpanan, seperti laptop atau PC dengan akses internet, yang memiliki kapasitas menyimpan blockchain Bitcoin. Node tersebut menyampaikan informasi dari pengguna ke penambang. Node tersebut juga menyimpan blockchain Bitcoin.

Node-node ini saling tersinkronisasi satu sama lain. Jika ada satu node yang berada dalam posisi luring pada jangka waktu tertentu, node tersebut akan mengunduh data terbaru dari node lainnya saat terhubung kembali dengan internet.

Sama seperti Google Sheet yang Anda akses dengan moda View-only saja. Jika Anda memiliki akses, Anda dapat membuka sheet tersebut kapan saja secara daring.

Jika kami akhiri analogi ini di sini, inilah yang dikenal sebagai lightweight client. Namun, lightweight client tidak bisa disebut sebagai node. Untuk menjadi node, Anda harus menjadi full client. Full client adalah seorang klien yang memiliki blockchain dan juga berbagi block dan transaksi dalam jaringan.

Siapapun yang memiliki tempat penyimpanan dengan ruang yang cukup dan terhubung dengan internet bisa menjalankan node.

Node tidak harus menambang Bitcoin. Semua penambang merupakan node, tetapi tidak semua node adalah penambang. Namun, node merupakan bagian yang penting dalam ekosistem karena berperan untuk jalannya desentralisasi, dan juga keamanan blockchain. Terima kasih, node!

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo