Kembali ke Portal Belajar

Apa itu block reward?

Setiap block pada blockchain berisi daftar data transaksional. Data transaksional ini harus diverifikasi dan diamankan agar dapat ditambahkan ke dalam blockchain, dan pada titik ini, tidak dapat lagi diubah. Proses ini dilakukan oleh para penambang.

Untuk melakukan verifikasi transaksi, para penambang harus memecahkan permasalahan matematika yang rumit. Proses ini juga memerlukan daya komputasi yang amat besar, termasuk peralatan, ruang, asuransi dan sebagainya.

Oleh karena itu, para penambang memperoleh block reward untuk setiap block transaksi yang sukses mereka tambang dan tambahkan ke blockchain. Imbal balas ini merupakan insentif bagi para penambang Bitcoin agar terus memecahkan perhitungan matematika yang ada dan memberi kompensasi atas biaya dan waktu yang mereka keluarkan.

Sebuah aturan pada perangkat lunak Bitcoin menyatakan bahwa setiap 210,000 block, block reward akan berkurang setengah bagian - yang dikenal sebagai Bitcoin halving.

Kini, jumlah Bitcoin yang diberikan sebagai imbal balas bagi tiap block yang ditambahkan ke dalam blockchain adalah sejumlah 12.5 Bitcoin. Block reward halving berikutnya diperkirakan akan terjadi pada bulan Mei 2020.

Peristiwa ini dianggap sebagai peristiwa yang penting karena persediaan Bitcoin yang baru akan berkurang sebanyak 50%! (MISSING)Hal ini disebabkan karena hanya ada 21 juta Bitcoin yang pernah diciptakan. Jika koin tersebut diciptakan terlalu cepat, maka menurut hukum permintaan dan penawaran, semakin banyaknya koin yang beredar, semakin rendah pula nilai mereka.

It’s never too late to get started

Buy, store and learn about Bitcoin, Ethereum, XRP and Litecoin now

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo