Kembali ke Portal Belajar

Apa itu jaringan peer to peer?

Jaringan peer-to-peer (P2P) merupakan sebuah kelompok dari 2 atau lebih perangkat - contohnya, telepon genggam, komputer atau bahkan printer - yang diatur sedemikian rupa sehingga mereka dapat berbagi data tertentu satu sama lain. Tidak ada server pusat yang berperan sebagai perangkat penyimpanan data, tetapi setiap komputer berperan sebagai server untuk menyimpan data.

"Peer” merupakan sebuah sistem komputer pada jaringan. Setiap peer memiliki posisi setara dan mereka sering disebut sebagai node.

Misalnya Risma ingin berbagi file dengan Dika. Pada jaringan non peer-to-peer, Risma akan memberikan file tersebut kepada Dika melalui server pusat untuk disimpan. Kemudian Dika perlu meminta akses file tersebut kepada server pusat sehingga ia bisa memakainya. Pada jaringan peer-to-peer, Dika tidak perlu melakukan hal ini. File tersebut bisa dikirim langsung dari Risma ke Dika.

Uber merupakan salah satu contoh jaringan non peer-to-peer. Ketika Anda memesan Uber, Anda menghubungi Uber untuk mendapatkan pengemudi. Ketika Anda memanggil taksi, Anda berinteraksi langsung dengan supir taksi tersebut. Uber berperan sebagai server pusat, jika jaringan mereka down - Anda tidak akan bisa memesan pengemudi. Sebaliknya, pada jaringan peer-to-peer, jika server down, server tersebut tidak akan membuat seluruh jaringan ikut down.

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo