Kembali ke Portal Belajar

Apa itu blockchain?

Blockchain merupakan teknologi yang mendasari mayoritas cryptocurrency, termasuk Bitcoin dan Ethereum.

Blockchain merupakan buku kas bersama. Sama seperti buku kas yang dimiliki bank untuk mengawasi seluruh transaksi digital mata uang fiat.

Tapi, berbeda dengan buku kas bank, blockchain tidak memiliki satu otoritas pusat yang mengendalikan. Siapa saja di dalam jaringan bisa melihat transaksi apa yang terjadi. Hal ini memberikan keamanan, transparansi dan kepercayaan yang membuat banyak pihak tertarik pada cryptocurrency.

Analogikan ini seperti Google doc dimana semua orang bisa mengaksesnya. Mereka semua bisa melihat setiap perubahan yang sudah dan yang akan dilakukan, serta memiliki hak untuk menentukan apakah perubahan tersebut dilaksanakan atau tidak. Perbedaannya adalah blockchain menggunakan algoritma konsensus untuk memastikan bahwa mereka membuat perubahan yang benar dan tidak ada yang bisa membajak proses tersebut untuk kepentingan mereka sendiri. Blockchain juga menggunakan kriptografi untuk memastikan ketika suatu perubahan telah diverifikasi, perubahan tersebut tidak bisa dibatalkan.

Apakah ada contohnya?

Contoh terbaik adalah aplikasi blockchain yang paling awal dan paling terkenal: Bitcoin.

Buku besar Bitcoin (ledger) dibagikan di seluruh jaringan. Semua orang di dalam jaringan bisa melihatnya dan mempercayai bahwa isi di dalamnya adalah benar. Transaksi tercatat dalam buku besar blockchain Bitcoin dan dikirim ke seluruh jaringan Bitcoin untuk bisa dilihat oleh semua orang.

Buku besar yang diperbarui disalin ratusan ribu kali setiap jamnya di berbagai komputer yang berbeda untuk memastikan semuanya memiliki versi yang sama. Mereka kemudian melakukan verifikasi bahwa transaksi tersebut telah benar-benar terjadi dan tidak ada yang kurang. Jika paling tidak 51%!t(MISSING)elah mengkonfirmasi bahwa transaksi tersebut benar-benar telah terjadi, maka transaksi tersebut akan ditambahkan secara permanen ke dalam blockchain.

Karena blockchain harus melewati pemeriksaan sebanyak dua, tiga, bahkan empat kali oleh komputer-komputer di seluruh dunia, Anda juga dapat menggunakan komputer Anda untuk menjadi bagian dari jaringan dan membantu melakukan verifikasi transaksi sekaligus membantu menambang Bitcoin.

Blockchain tidak hanya digunakan untuk cryptocurrency saja. Secara teori, Anda dapat menyimpan data apa saja dalam blockchain, dan banyak perusahaan dari berbagai bidang industri memanfaatkannya untuk tugas yang beragam, seperti melacak barang dalam rantai persediaan.

It’s never too late to get started

Buy, store and learn about Bitcoin, Ethereum, XRP and Litecoin now

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo