Kembali ke Portal Belajar

Apa itu Lightning Network?

Lightning Network merupakan salah satu solusi terpopuler dalam menyelesaikan permasalahan skalabilitas Bitcoin.

Masalah skalabilitas Bitcoin

Bitcoin dapat memproses rata-rata tujuh transaksi per detik, dengan biaya transaksi sekitar tujuh dolar per transaksi Bitcoin. Di lain sisi, Visa dapat memproses sekitar 1,700 transaksi per detik (menurut laporan mereka).

Ketika Anda melakukan transaksi Bitcoin, transaksi tersebut perlu disetujui oleh jaringan sebelum akhirnya terselesaikan. Proses ini dilakukan oleh para penambang. Bitcoin memerlukan enam konfirmasi sebelum akhirnya dinyatakan ‘disetujui’ dan selesai.

Rata-rata waktu yang diperlukan untuk menambang sebuah block Bitcoin adalah sepuluh menit. Oleh karena itu, dibutuhkan waktu kira-kira satu jam untuk menyelesaikan sebuah transaksi. Namun, hal ini bergantung pula pada aktivitas jaringan dan membutuhkan waktu sekitar tiga puluh menit hingga beberapa jam. Dengan pertumbuhan ekosistem cryptocurrency, terjadi peningkatan jumlah transaksi Bitcoin dan menyebabkan kepadatan pada jaringan yang artinya para penambang menjadi makin sibuk dan persetujuan transaksi melambat.

Disinilah Lighting Network berperan

Lighting Network pertama kali dijelaskan dalam laporan resmi yang ditulis oleh Joseph Poon dan Thaddeus Dryja di tahun 2015 - versi terbaru dari laporan resmi tersebut bisa dibaca di sini. Aplikasi ini merupakan aplikasi lapisan kedua yang dibangun di atas blockchain Bitcoin yang memampukan Anda untuk mempertukarkan Bitcoin dengan pihak lain secara langsung, menghilangkan tahap konfirmasi. Aplikasi ini memampukan terjadinya transaksi Bitcoin di luar rantai. Ini berarti bahwa tidak semua transaksi dicatat pada blockchain Bitcoin. Dengan melakukan hal demikian, transaksi bisa dilakukan dengan lebih cepat - bahkan instan dalam beberapa kasus - dan dalam jumlah sangat kecil.

Lightning Network dibuat dengan pembuatan saluran pembayaran antara dua atau lebih pengguna (atau menggunakan yang sudah ada) melalui sebuah jaringan. Ketika pembayaran diselesaikan melalui saluran pembayaran, saluran pembayaran tersebut akan ditutup dan jumlah akhir Bitcoin yang dimiliki oleh masing-masing pihak dalam dompet mereka akan dicatat dalam blockchain Bitcoin.

Manfaat lainnya

Hampir tidak ada biaya di Lightning Network, sehingga ini menarik bagi orang-orang yang ingin menghindari biaya tinggi untuk melakukan transaksi dalam jumlah kecil. Biaya yang kecil ini merupakan hasil dari peningkatan kompetisi antar node di Lightning Network. Dengan pertumbuhan jaringan Bitcoin, banyak transaksi volume kecil yang terjadi dalam blockchain yang bisa diserahkan ke Lighting Network, sehingga dapat menciptakan lebih banyak ruang pada blockchain Bitcoin dan membantu menghindari kepadatan jaringan. Artinya, Lightning Network berpotensi menangani ribuan, bahkan jutaan, transaksi sebelum satu transaksi disebarkan dan tercatat dalam blockchain Bitcoin.

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo