Kembali ke Portal Belajar

Apa perbedaan private dan public blockchain?

Blockchain merupakan catatan transaksi - sebuah database bersama yang diamankan oleh jaringan node dan penambang.

Blockchain biasanya bersifat publik - contohnya, blockchain Bitcoin. Pada public blockchain, seluruh transaksi bisa dilihat secara transparan oleh publik dan data yang ada tidak dapat diubah atau dipalsukan. Tidak ada larangan untuk bergabung ke dalam jaringan. Siapa saja dapat membaca dan bergabung di dalamnya. Oleh karena itu, jaringan ini bersifat terdesentralisasi dan tidak ada satu pihak yang memiliki kendali penuh atasnya.

Banyak perusahaan dan organisasi pemerintahan yang tertarik dengan manfaat yang ditawarkan oleh sistem blockchain publik, namun mereka kuatir akan sifat sistem yang terbuka ini bisa mengancam bisnis mereka dan kerahasiaan data tertentu yang mereka miliki.

Bagi orang-orang seperti ini, ada blockchain pribadi.

Apakah itu private blockchain?

Private blockchain sering disebut sebagai ‘blockchain dengan izin’ (permissioned blockchain). Berbeda dengan public blockchain, blockchain ini merupakan jaringan tertutup yang hanya memperbolehkan beberapa pihak yang telah memiliki otoritas untuk bergabung. Mereka juga memberikan hak dan larangan tertentu kepada pihak yang bergabung di dalam jaringan mereka.

Pada dasarnya, ini berarti bahwa private blockchain lebih bersifat tersentralisasi, karena hanya ada sekelompok kecil peserta yang mengendalikan jaringan tersebut. Salah satu contoh private blockchaini adalah Hyperledger.

Analogikan public blockchain seperti taman umum. Taman umum bisa diakses oleh siapa saja - kita bebas untuk berpiknik, membawa anjing kita, atau bermain bola. Taman umum tidak dimiliki oleh siapapun, dan semua orang dalam komunitas bertanggung jawab untuk menjaganya tetap bersih. Aturan taman ditetapkan oleh semua pengguna taman, dan harus ada konsensus umum mengenai aturan yang akan berlaku.

Sebaliknya, private blockchain adalah seperti taman bersama di tengah-tengah rumah yang disusun membentuk persegi. Taman itu tidak bisa sembarangan dimasuki oleh orang yang tidak tinggal di sana, Anda memerlukan izin untuk memasukinya. Ada sekelompok kecil orang yang berbagi tanggung jawab untuk mengelola taman dan mempergunakannya untuk diri mereka sendiri.

It’s never too late to get started

Buy, store and learn about Bitcoin, Ethereum, XRP and Litecoin now

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo