Kembali ke Portal Belajar

Apa yang membedakan Bitcoin dan Bitcoin Cash?

Sama seperti nasi uduk dan nasi kuning, kedua cryptocurrency ini juga terbuat dari berbagai bahan baku yang sama tetapi berbeda. Bitcoin Cash berasal dari "pabrik" yang sama dengan Bitcoin. Keduanya memiliki white paper yang sama, jumlah persediaan yang sama, algoritma penambangan yang sama, dan bahkan memiliki sistem bonus (reward) penambang yang sama.

Baik Bitcoin maupun Bitcoin Cash bertujuan untuk menjadi mata uang digital yang diterima di seluruh dunia, tetapi ada beberapa perbedaan teknis penting karena kedua komunitas memiliki pandangan berbeda tentang solusi kedua koin ini untuk skalabilitas.

Perbedaan teknis

FiturBTCBCH
Start20092017
FounderSatoshi NakamotoBitcoin Unlimited
Kapasitas Blok1MB32MB
Solusi skalabilitasSegWit, Lightning NetworkUkuran blok yang bertambah

Meskipun Bitcoin dan Bitcoin Cash dapat mungkin memiliki algoritma penambangan yang sama, keduanya memiliki tingkat kesulitan penambangan yang dapat disesuaikan namun berbeda.

Terlepas dari perbedaan teknis ini, komunitas kedua koin ini juga memiliki keyakinan yang berbeda tentang tujuan dari white paper Satoshi.

Perbedaan interpretasi tentang visi Satoshi

Komunitas Bitcoin (BTC) sangat mengutamakan aspek-aspek seperti tahan sensor, desentralisasi, tanpa izin, dan tanpa kepercayaan. Sedangkan komunitas Bitcoin Cash (BCH) berpandangan bahwa adopsi massal konsumen terhadap Bitcoin lebih penting daripada desentralisasi.

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin dan Ethereum sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo