Portal Belajar Luno

Kami siap berkomunikasi dalam bahasa apapun
Glossary icon

Pelajari istilah-istilah seputar cryptocurrency

Glosarium ini mengandung istilah yang biasa Anda temukan dalam dunia cryptocurrency.

Kembali ke Portal Belajar

Aa

Altcoin
Suatu cryptocurrency yang bukan Bitcoin. Ada ribuan altcoin dengan nilai dan tujuan penggunaan yang berbeda-beda.

AML
Anti pencucian uang (Anti-money laundering / AML) merujuk pada serangkaian aturan dan prosedur yang ditujukan untuk mencegah oknum kriminal menyamarkan uang yang diperoleh secara ilegal sebagai pemasukan yang legal.

API
Tampilan program aplikasi (application program interface / API) adalah serangkaian kebiasaan, protokol dan perlengkapan untuk membangun aplikasi perangkat lunak (software).

Arbitrase
Proses jual beli sekuritas, mata uang digital, atau komoditas secara bersamaan di area pasar yang berbeda untuk mendapatkan keuntungan dari perbedaan harga untuk satu aset yang sama.

Ask
Order jual.

Aset Digital
Aset digital meruapakan segala sesuatu yang ada dalam bentuk data biner dan bersifat mandiri, dapat diidentifikasi dengan unik, serta memiliki nilai atau kemampuan untuk digunakan.

Bb

Bid
Order beli.

Bitcoin
Cryptocurrency pertama yang dibangun di atas teknologi Blockchain yang terdiri atas 21 juta unit. Diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009, Bitcoin adalah mata uang kripto orisinil.

Bitcoin Cash
Cryptocurrency hasil hard-fork Bitcoin pada 1 Agustus 2017, dengan ukuran blok yang lebih besar, dan ditujukan agar penambang (miners) dapat memproses lebih banyak transaksi per blok.

Blockchain
Jaringan terdesentralisasi yang merekam transaksi-transaksi, seperti layaknya buku besar dalam dunia akuntansi tradisional. Transaksi-transaksi ini dapat berupa perpindahan mata uang, barang, atau data yang aman.

Blok
Mengandung informasi transaksi. Blok dapat dipandang seperti lembaran dalam suatu buku besar akuntansi.

Block Reward (Imbalan Blok)
Koin baru yang diberikan kepada penambang (miners) yang berhasil menambang suatu blok transaksi di jaringan Bitcoin (atau cryptocurrency lain).

Bubble
Ketika harga dari suatu aset mengalami inflasi dan melewati nilai sesungguhnya dari aset tersebut. Ketika bubble ‘pecah’, harganya turun secara drastis.

Bursa Berjangka
Bursa berjangka atau pasar berjangka adalah bursa keuangan pusat dimana orang dapat mempertukarkan kontrak berjangka terstandar sesuai yang ditentukan oleh bursa.

Blok Genesis
Blok pertama dari blockchain

Biaya miner
Penambang mendapatkan imbalan/hadiah blok jika memecahkan suatu blok. Selain itu, para penambang juga mendapatkan biaya yang dibayarkan oleh orang-orang yang ingin mengirim koin mereka. Ketika jaringan sedang padat, penambang biasanya memasukkan transaksi dengan biaya terbesar ke blok yang mereka pecahkan.

Cc

Cold storage
Dompet yang disimpan offline. Ini adalah prosedur keamanan untuk menghindari akses yang tidak sah.

Celah runaway (market runaway)
Celah runaway terjadi ketika kegiatan trading melompati titik harga berurut, biasanya disebabkan oleh ketertarikan investor yang sangat tinggi. Pada dasarnya, tidak ada trading, yang didefinisikan sebagai pertukaran kepemilikan atas sekuritas, antara titik harga dimana celah runaway dimulai dan titik harga dimana celah berakhir.

Dd

DApp
Singkatan dari aplikasi terdesentralisasi (decentralised application). Kode backend dari DApp bekerja pada jaringan terdesentralisasi peer-to-peer.

Desentralisasi
Protokol tata kelola, yang ditandai dengan adanya distribusi kontrol dan wewenang pada semua peserta. Bitcoin terdesentralisasi karena banyak penambang yang berbeda-beda memastikan keamanan jaringan Bitcoin. Berbeda dengan jaringan terpusat, seperti perbankan, di mana satu otoritas seperti bank sentral yang membuat keputusan.

Difficulty (Kesulitan)
Jumlah usaha yang dibutuhkan untuk menambang blok. Tiap cryptocurrency memiliki metode penyesuaian kesulitan masing-masing. Pada Bitcoin, tingkat kesulitan dalam menambang blok disesuaikan setiap dua minggu untuk memastikan perubahan jumlah penambang yang memproses transaksi tidak secara drastis meningkatkan jumlah Bitcoin baru yang diterbitkan.

DYOR
Singkatan dari 'Do Your Own Research' (Lakukan Riset Anda).

Dompet hardware
Alternatif lain untuk dompet cryptocurrency, ini adalah perangkat khusus untuk menyimpan kunci privat Anda (biasanya disimpan secara offline untuk keamanan tambahan).

Dompet Kertas
Tipe dompet yang relatif ketinggalan zaman dan tidak aman dimana informasi kunci privat serta alamat Bitcoin dicetak pada selembar kertas.

Dompet
Perangkat lunak (software) yang memungkinkan Anda kirim dan terima cryptocurrency. Ingat, koin disimpan di blockchain, dompet hanya mengandung kunci privat untuk otorisasi jika pemilik dompet ingin mengirimkan koin ke dompet lainnya.

Ee

Exchange Terdesentralisasi (Decentralised Exchange / DEX)
Exchange terdesentralisasi adalah exchange cryptocurrency yang bekerja secara terdesentralisasi atau tanpa otoritas pusat. Exchange terdesentralisasi memampukan adanya trading cryptocurrency secara peer-to-peer.

ELI5
Merupakan singkatan dari 'Explain Like I'm 5' (Jelaskan seperti saya berumur 5 tahun). Angka 5 menunjuk pada anak berusia lima tahun, artinya, orang yang meminta penjelasan tersebut memiliki pemahaman yang terbatas atau naif mengenai suatu permasalahan.

Enkripsi
Enkripsi adalah sebuah metode dimana informasi diubah menjadi kode rahasia yang menyembunyikan makna informasi yang sesungguhnya. Ilmu tentang enkripsi dan dekripsi informasi disebut kriptografi.

ERC-20
ERC-20 adalah protokol resmi untuk mengajukan perbaikan pada jaringan Ethereum (ETH). ERC adalah singkatan dari Ethereum Request for Comment (Pengajuan Ethereum untuk Berkomentar), dan 20 adalah pengenal pengajuan. Ini merupakan standar umum untuk membuat token pada blockchain Ethereum.

ERC-721
ERC-721 adalah standar bebas dan terbuka yang mendeskripsikan cara membangun token yang non-fungibel dan unik pada blockchain Ethereum. Kebanyakan token pada umumnya bersifat fungibel (satu token sama seperti token lainnya), sedangkan seluruh token ERC-721 bersifat unik. Anggap mereka seperti koleksi langka yang unik.

Ethereum
Diciptakan oleh Vitalik Buterin, Ethereum adalah platform komputasi yang terdistribusi, suatu blockchain yang dibangun untuk memproses transaksi dan informasi lainnya, seperti smart contracts. Lihat Portal Belajar Ethereum kami.

Ether
Cryptocurrency yang dihasilkan oleh platform Ethereum, dan digunakan untuk memberi kompensasi node penambangan atas komputasi yang dikerjakan.

Exchange (Bursa)
Tempat dimana pembeli dan penjual bertemu untuk melakukan jual beli aset, seperti Bitcoin, saham, atau derivatif lainnya.

Ff

Fiat
Uang konvensional atau uang yang diterbitkan pemerintah (mata uang lokal Anda).

FOMO
Merupakan singkatan dari 'fear of missing out' (takut ketinggalan). FOMO adalah faktor emosional dan didasarkan atas rasa takut yang mempengaruhi trader untuk membuat keputusan beli atau jual karena takut melewatkan potensi keuntungan.

Fork
Fork terjadi ketika sekelompok peserta (penambang) menjalankan versi perangkat lunak (protokol) yang berbeda. Jika versi baru memiliki ‘kompatibilitas mundur’ dan menggunakan fitur dan data yang ada sebelumnya, maka fork disebut soft fork dan semua peserta tetap berada di blockchain yang sama. Namun jika tidak, fork disebut hard fork sehingga blockchain akan dipecah menjadi dua rantai terpisah.

FUD
Merupakan singkatan dari 'fear, uncertainty and doubt' (ketakutan, ketidakpastian dan keraguan). Istilah ini digunakan ketika seseorang mencoba menebarkan kekhawatiran terhadap masa depan cryptocurrency.

FullNode (NodePenuh)
Node penuh (full node) adalah suatu program yang sepenuhnya melakukan validasi transaksi dan blok. Hampir seluruh node penuh juga menolong jaringan dengan menerima transaksi dan blok dari node penuh lainnya, melakukan validasi transaksi dan blok tersebut, serta menyampaikannya ke node penuh yang lebih lanjut.

Fungibilitas
Fungibilitas adalah ciri suatu aset yang unit individualnya bersifat dapat saling ditukarkan, dan setiap bagiannya tidak dapat dibedakan dengan bagian lainnya. Contohnya, mata uang lokal bersifat fungibel karena $1 memiliki nilai yang sama dengan lembar $1 lainnya.

Frase Seed (Seed Phrase)
Frase seed, atau frase pemulihan seed atau frase seed cadangan, adalah suatu daftar kata-kata yang menyimpan seluruh informasi yang dibutuhkan untuk memulihkan dana Bitcoin secara on-chain. Perangkat lunak (software) dompet biasanya akan menghasilkan frase seed dan menginstruksikan pengguna untuk menuliskannya di kertas.

Gg

Grafik Lilin
Grafik lilin (candlestick) adalah tipe grafik yang digunakan dalam analisi teknikal yang menunjukkan harga tertinggi, terendah, harga pembukaan dan penutupan dari sebuah sekuritas selama periode tertentu.

Gas
Biaya atau nilai harga yang diwajibkan untuk melakukan transaksi atau mengeksekusi kontrak dengan sukses pada platform blockchain Ethereum.

GitHub
GitHub adalah platform version control dan kolaborasi berbasis web bagi para pengembang perangkat lunak. GitHub, yang disajikan melalui model bisnis software-as-a-service (SaaS / perangkat lunak sebagai layanan), dimulai pada tahun 2008 dan didirikan pada Git, sebuah sistem manajemen kode open source yang diciptakan oleh Linus Torvalds untuk membuat pembangunan perangkat lunak menjadi lebih cepat.

Gwei
Gwei adalah singkatan dari gigawei, atau 1,000,000,000 wei. Wei, yang adalah unit terkecil dari ether, berperan seperti sen pada satuan dolar dan satoshi pada satuan bitcoin. 1 ether = 1,000,000,000 gwei (109). 1 gwei = 0.000000001 ether. Sama seperti 1 sen = 0.01 dolar.

Hh

Halving
Halving Bitcoin terjadi setiap empat tahun dimana imbalan bagi penambangan transaksi Bitcoin berkurang separuh. Peristiwa ini juga memotong menjadi separuh tingkat inflasi Bitcoin dan kecepatan masuknya Bitcoin baru dalam peredaran.

Hard Fork
protokol jaringan yang membuat blok serta transaksi yang sebelumnya tidak valid menjadi valid, dan sebaliknya. Hard fork mewajibkan seluruh node dan pengguna untuk mengupgrade perangkat lunak (software) ke versi terbaru.

Hash rate (Tingkat hash)
Tingkat hash mengukur seberapa kuat mesin (Bitcoin) penambang tersebut - yaitu berapa kali fungsi hash dapat diproses per detik. Keuntungan yang dapat diharapkan penambang berbanding lurus dengan tingkat hash mesinnya. Tingkat hash juga digunakan untuk mengukur seberapa banyak daya komputer yang diperlukan untuk blockchain tertentu.

Hodl
Artinya adalah untuk menahan/menyimpan (hold) dan tidak menjual Bitcoin Anda. Kata ini mulai populer pada 2010 ketika terjadi typo di form Bitcoin viral. Typo ini lalu disebut sebagai akronim dari “Hold on for dear life” atau “Simpan untuk hidup yang indah”.

Hot Wallet
Dompet cryptocurrency yang terhubung dengan internet.

Ii

ICO / token sale
Initial coin offering (atau ICO) adalah penjualan token di blockchain sebelum mereka diterbitkan. Publik umum dapat membeli token ini ketika token telah diterbitkan kepada para partisipan.

IEO
Initial exchange offering (IEO) adalah penjualan token yang diawasi oleh bursa cryptocurrency. IEO tersedia secara eksklusif bagi pengguna suatu bursa, meskipun demikian, ada beberapa IEO yang dilakukan pada beberapa bursa. Sama seperti ICO, IEO mengizinkan investor untuk memperoleh cryptocurrency (atau token) baru sekaligus mendanai proyek-proyek crypto yang menjanjikan.

Immutable (kekal)
Tidak berubah seiring waktu atau tidak dapat diubah.

Kk

Kapitulasi
Kapitulasi terjadi ketika para investor di sekuritas dan pasar merelakan keuntungan mereka yang sebelumnya dengan menjual posisi mereka pada masa penurunan. Kapitulasi bisa terjadi kapan saja, tetapi biasanya terjadi ketika volume trading tinggi dan ada penurunan sekuritas yang berkepanjangan. Koreksi pasar atau pasar turun dapat menyebabkan investor melakukan kapitulasi atau penjualan panik (panic sell)

Kriptografi
Praktik dan studi teknik komunikasi yang aman meskipun adanya kehadiran pihak ketiga yang disebut lawan. Dalam konteks cryptocurrency, kriptografi memvalidasi dan memastikan keamanan informasi transaksi.

Keuangan Terdesentralisasi (Decentralised Finance / DeFi)
Keuangan terdesentralisasi adalah kontrak pintar, protokol dan aplikasi terdesentralisasi (DApp) dari aset dan keuangan digital yang dibangun pada Ethereum

Kontrak Berjangka
Kontrak berjangka adalah persetujuan hukum terstandar untuk membeli atau menjual sesuatu pada harga yang telah ditentukan pada waktu telah ditentukan di masa yang akan datang, antar pihak-pihak yang tidak saling mengenal. Aset yang ditransaksikan biasanya adalah komoditas atau instrumen keuangan.

KYC
Know-your-customer (KYC / Kenali Pelanggan Anda) adalah sebuah proses kepatuhan yang dilakukan untuk memverifikasi identitas seorang klien bisnis baik sebelum atau selama memulai bisnis bersama mereka. Lembaga-lembaga keuangan diwajibkan secara hukum untuk melakukan proses KYC ketika menerima klien baru.

Kapitalisasi Pasar
Kapitalisasi pasar, atau market cap, adalah nilai pasar dari saham kumulatif sebuah perusahaan yang dipertukarkan secara publik. Kapitalisasi pasar adalah harga saham dikalikan jumlah saham kumulatif.

Kunci privat
Kunci privat adalah suatu kode digital, seperti kata sandi, yang digunakan untuk memberi otorisasi untuk transaksi cryptocurrency di blockchain. Kode ini harus disimpan dengan aman dan dirahasiakan karena dengan kode ini, pemiliknya dapat mengirim koin dari dompet tertentu.

Kunci publik
Kunci publik adalah kode digital khusus yang membedakan dompet Anda dari dompet-dompet lain di blockchain; yang biasa disebut alamat dompet. Anda dapat memberikan alamat dompet Anda kepada seseorang yang ingin mengirimkan cryptocurrency kepada Anda.

Konfirmasi transaksi
Kira-kira setiap sepuluh menit (di blockchain Bitcoin, namun waktu di blockchains lainnya mungkin berbeda), sebuah block baru dibuat dan ditambahkan ke blockchain melalui proses penambangan. Blok ini memverifikasi dan mencatat transaksi baru. Karena blok berikutnya harus terhubung dengan blok sebelumnya, setiap blok berikutnya bertindak sebagai konfirmasi pendahulunya. Misalnya, jika transaksi dimasukkan di blok 101, dan blok terbaru adalah 110, transaksi dikatakan telah mendapatkan 10 konfirmasi. Dengan cara ini, transaksi dikatakan telah dikonfirmasi oleh jaringan (Bitcoin).

Ll

Ledger
Suatu riwayat transaksi.

Lightning Network
Lightning Network adalah protokol pembayaran “Lapisan 2” yang beroperasi di atas cryptocurrency berbasis blockchain. Lightning Network memampukan transaksi yang cepat di antara node yang berpartisipasi dan telah dikenal sebagai solusi bagi permasalahan skalabilitas Bitcoin.

Likuiditas
Likuiditas adalah kemudahan suatu aset, atau sekuritas, untuk diubah ke dalam bentuk tunai tanpa mempengaruhi harga pasarnya.

Litecoin
Proyek perangkat lunak (software) cryptocurrency peer-to-peer yang bersifat open-source. Pembuatan serta transfer koin didasarkan pada protokol kriptografi yang open-source dan tidak dikelola oleh otoritas pusat manapun.

Mm

Mekanisme Konsensus
Mekanisme konsensus adalah sebuah mekanisme toleran kesalahan yang digunakan pada sistem komputer dan blockchain untuk mencapai kesepakatan yang diperlukan atas suatu nilai data atau suatu keadaan jaringan di antara proses-proses terdistribusi atau sistem multi-agen.

Mata uang kripto
Mata uang digital yang menggunakan kriptografi untuk validasi dan memastikan keamanan transaksi.

Malware
Malware adalah perangkat lunak (software) yang sengaja dirancang untuk merusak suatu komputer, server, client atau jaringan komputer. Terdapat berbagai tipe malware, termasuk virus komputer, worm, kuda Troya, ransomware, spyware, adware, software, rogue software, dan scanware.

Mining (Tambang)
Perakitan perangkat keras komputer untuk memproses transaksi di blockchain (Bitcoin atau lainnya). Penambang melakukan ini untuk menerima imbalan dan keuntungan hasil tambang.

Mining Farm
Mining farm adalah sebuah pusat data, yang secara teknis diperlengkapi untuk menambang Bitcoin atau cryptocurrency lainnya. Mining farm muncul akibat kesulitan terus menerus dalam proses penambangan, yang membutuhkan lebih banyak sumber daya teknis, tenaga dan keuangan.

Moon
Suatu ekspresi yang digunakan dalam komunitas Bitcoin untuk memprediksi harga Bitcoin di masa depan dan harga tertingginya sepanjang masa – “to the moon”.

Multi-signature / multisig
Pada dompet, multiple signature (atau MultiSig) mengacu pada persyaratan bahwa diharuskan adanya beberapa otorisasi (biasanya dari orang yang berbeda) untuk melakukan suatu transaksi pengiriman ke blockchain. Contohnya, Anda memiliki 5 orang yang diberi wewenang untuk mengirim Bitcoin dari dompet MultiSig, namun setidaknya harus ada 3 dari 5 orang yang menyetujui transaksi tersebut sebelum transaksi dilakukan.

Nn

Node
Suatu perangkat dengan salinan blockchain yang senantiasa berbagi informasi dengan node lain di seluruh jaringan. Node tersebut tidak selalu menambang cryptocurrency tetapi ia berkontribusi terhadap desentralisasi serta keamanan blockchain. Semua penambang adalah node tapi tidak semua node adalah penambang.

Nonce
Dalam kriptografi, nonce adalah sebuah angka sembarang yang hanya dapat digunakan satu kali dalam komunikasi kriptografi. Angka ini biasanya adalah angka acak atau pseudo-acak yang dikeluarkan dalam protokol otentikasi untuk menjamin komunikasi yang lama tidak dapat digunakan lagi dalam serangan ulang. Angka ini juga bermanfaat sebagai vektor proses awal dan dalam fungsi hash kriptografi.

Oo

Order limit
Order yang dipasang dengan menentukan jumlah dan harga yang Anda inginkan. Tergantung pada harga yang ditentukan, order limit mungkin berhasil dieksekusi langsung oleh order yang telah berada di buku order (dalam hal ini, order limit Anda adalah order taker). Jika tidak, order limit bisa juga masuk ke dalam buku order dan menunggu order lain yang sesuai (dalam hal ini order limit Anda disebut order maker).

Order maker
Order maker dapat merupakan order limit beli yang di bawah harga pasar, atau order limit jual yang di atas harga pasar. Order menunggu di buku order hingga order menemukan order lain yang sesuai dengannya.

Order market
Order yang dipasang hanya dengan menentukan jumlah yang Anda inginkan, dan tidak harganya. Order akan dieksekusi langsung pada harga terbaik yang ada di pasar. Dengan kata lain, order market mencocokkan diri dengan order yang ada di buku order. Order market adalah order taker.

Off Chain
Transaksi off-chain adalah transaksi yang terjadi pada jaringan cryptocurrency, yang memindahkan nilai keluar dari blockchain.

On Chain
Transaksi on-chain adalah transaksi cryptocurrency yang terjadi pada blockchain - yaitu yang tercatat pada blockchain - dan bersifat dependen pada keadaan blockchain untuk mendapatkan validitasnya.

Opensource Software
Software open-source adalah tipe software komputer dimana kode sumbernya dikeluarkan dengan surat izin sehingga pemegang hak cipta dapat memberikan kepada pengguna hak untuk mempelajari, mengubah dan mendistribusikan software kepada siapa saja dan untuk tujuan apapun.

Order
Suatu instruksi untuk melakukan perdagangan (beli atau jual) melalui bursa (misalnya pasar saham). Di Luno Exchange, Anda dapat menukar Bitcoin untuk mata uang lokal dan sebaliknya.

Over the Counter
OTC adalah proses cara sekuritas dipertukarkan bagi perusahaan yang tidak tercatat secara formal pada bursa seperti bursa saham New York (New York Stock Exchange / NYSE). Sekuritas yang dipertukarkan secara over-the-counter dilakukan melalui jaringan broker-dealer dan bukan melalui bursa tersentralisasi.

Order taker
Order taker dapat merupakan order beli pada / di atas harga pasar, atau merupakan order jual pada / di bawah harga pasar. Order ini biasanya berhasil dieksekusi langsung, tanpa perlu menunggu di buku order. Karena order ini mencocokkan diri dan mengambil order apa yang sudah ada di buku pesanan sebelumnya, order ini disebut “order taker”.

Otentikasi dua faktor
Kadang disebut juga dengan “2FA”. Otentikasi dua faktor adalah lapisan keamanan tambahan di samping kata sandi Anda. 2FA mengharuskan Anda memiliki perangkat lain (seperti ponsel Anda) yang akan menampilkan kode unik yang berubah-ubah setiap waktunya. Selain kata sandi Anda, Anda diharuskan memasukkan kode 2FA tersebut untuk memberikan akses untuk masuk ke akun Anda atau untuk melakukan transaksi tertentu.

Pp

Penambang ASIC
Sirkuit terintegrasi khusus aplikasi (application-specific integrated circuit / ASIC) adalah sebuah perangkat yang dirancang dengan tujuan utama untuk menambang Bitcoin. Bayangkan mereka sebagai komputer-komputer khusus untuk menambang Bitcoin.

Pasar Turun (Bear Market)
Kondisi pasar dimana harga turun dan mendorong penjualan.

Penjelajah Blok (Block Explorer)
Penjelajah blok (block explorer) adalah alat yang digunakan untuk menunjukkan seluruh transaksi cryptocurrency secara daring. Khususnya, untuk menunjukkan seluruh transaksi yang terjadi sekarang dan di masa lalu. Pengguna dapat memperoleh informasi mengenai hash rate blockchain serta kecepatan pertumbuhan transaksi dan informasi bermanfaat lainnya.

Pasar Naik (Bull Market)
Kondisi pasar dimana harga naik dan mendorong pembelian.

Persediaan yang Beredar
Persediaan yang beredar merujuk pada jumlah saham atau mata uang yang beredar di pasar.

Pengeluaran Ganda
Pengeluaran ganda adalah kelemahan potensial pada skema kas digital dimana satu token digital yang sama dapat dikeluarkan lebih dari satu kali.

Persediaan Maksimum
Persediaan maksimum suatu cryptocurrency adalah jumlah maksimum dari koin atau token yang dapat dibuat. Ketika persediaan maksimum tersebut telah tercapai, tidak akan ada koin baru yang ditambang, diciptakan atau diproduksi dengan cara apapun.

P2P
Peer-to-peer. Pada jaringan P2P, “peer” adalah sistem komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya melalui internet. File dapat dibagikan langsung di antara sistem pada jaringan tanpa memerlukan sebuah server pusat.

Phishing
Phishing adalah upaya penipuan untuk mendapatkan informasi sensitif seperti nama pengguna, password dan data kartu kredit dengan cara menyamar sebagai pihak yang terpercaya dalam komunikasi elektronik.

Proof of Stake (POS)
Protokol Proof-of-Stake (PoS) adalah mekanisme konsensus dimana seseorang dapat menambang atau melakukan validasi transaksi blok sesuai dengan jumlah koin yang ia miliki. Artinya, semakin banyak Bitcoin atau altcoin yang dimiliki oleh penambang, semakin besar kemampuan menambang yang ia miliki.

Proof of Work (POW)
Sistem (atau protokol, atau fungsi) Proof-of-Work (PoW) adalah suatu mekanisme konsensus. Sistem ini mencegah penyangkalan serangan layanan dan pelanggaran layanan lainnya seperti spam pada jaringan dengan mewajibkan beberapa pekerjaan dari pihak yang meminta layanan, biasanya berarti waktu pemrosesan oleh sebuah komputer.

Rr

Reward Halving
Setiap empat tahun, jumlah Bitcoin yang diterbitkan sebagai imbalan untuk para penambang dikurangi setengahnya. Ini juga merupakan sebab mengapa Bitcoin dianggap mengalami deflasi.

Rekt
Istilah populer untuk “wrecked” (hancur) yang digunakan ketika seorang trader telah kehilangan jumlah uang yang besar.

Ripple
Ripple adalah teknologi yang berperan sebagai cryptocurrency dan juga jaringan pembayaran digital untuk transaksi keuangan yang menggunakan cryptocurrency XRP sebagai cara penyelesaian pembayarannya.

Ss

Sistem Kas Terdistribusi (Distributed Ledger)
Database besar yang dibagikan secara konsensus dan tersinkronisasi lintas situs, institusi atau wilayah negara. Dengan database ini, transaksi memiliki "saksi" publik sehingga serangan dunia maya lebih sulit untuk dilakukan.

Serangan Dust
Serangan dust adalah sebuah aktivitas berbahaya dimana peretas mencoba membobol privasi pengguna Bitcoin dan cryptocurrency dengan cara mengirimkan koin dalam jumlah kecil ke dalam dompet pribadi pengguna. Peretas kemudian akan melacak aktivitas dompet-dompet tersebut, dan melakukan analisis kolektif terhadap alamat-alamat tersebut sehingga mereka dapat mengidentifikasi pemilik dompet.

Serangan 51%
Serangan pada blockchain oleh sekelompok penambang (miner) atas 50% hash rate atau kemampuan komputasi jaringan.

Sentimen Pasar
Sentimen pasar adalah perasaan subyektif tentang kondisi pasar. Ini adalah emosi keseluruhan yang dimiliki oleh para trader dan investor mengenai aksi harga dari suatu aset tertentu.

Skema Ponzi
Bentuk penipuan dimana kepercayaan pada perusahaan yang tidak nyata dibina melalui pembayaran keuntungan cepat kepada para investor mula-mula dengan menggunakan uang dari investor yang baru.

Satoshi
(orang) Satoshi Nakamoto adalah orang yang menciptakan Bitcoin. Ini adalah nama samaran. Identitas asli penemu Bitcoin tidak diketahui publik.
(unit) Satu satoshi adalah unit terkecil dari Bitcoin. 1 Satoshi = 0.00000001 Bitcoin.

Security Token Offering (STO)
Sama seperti initial coin offering (ICO), seorang investor diberikan koin atau token crypto yang mewakili investasi mereka.

Segregated Witness (Segwit)
SegWit adalah fitur dari beberapa protokol blockchain (termasuk Bitcoin dan Litecoin), yang memindahkan sebagian data transaksi dari blok utama sehingga mengurangi ukuran transaksi. Dengan begitu, situasi akan memungkinkan lebih banyak transaksi masuk ke dalam satu blok tanpa harus menambah ukuran blok.

SHA256
SHA (Secure Hash Algorithm) yang digunakan Bitcoin. Lihat hash.

Shilling
Tindakan penggunaan propaganda untuk mempromosikan sesuatu demi insentif finansial. Sering dipandang sebagai istilah negatif ketika seseorang mempromosikan sesuatu supaya mereka bisa mendapatkan uang.

Smart contract
Program perangkat lunak yang dibuat di blockchain dan dikenali dengan suatu alamat. Transaksi yang dilakukan di blockchain dapat mengeksekusi suatu smart contract dengan berbagai cara, misalnya dengan mengirimkan cryptocurrency atau data ke alamat kontrak. Jika berhasil dieksekusi, smart contract tersebut dapat memproses lebih banyak transaksi atau mengeksekusi smart contracts lainnya.

Spread
Ini adalah perbedaan (atau selisih) antara harga tertinggi order beli (lihat bid) dan harga terendah order jual (lihat ask). Spread yang kecil menandakan pasar yang sehat dan stabil.

Stablecoin
Stablecoin adalah kelas cryptocurrency baru yang mencoba menawarkan stabilitas harga dan ditopang oleh cadangan aset. Contohnya, stablecoin dapat dipatokkan ke mata uang seperti Dolar AS atau ke harga komoditas, seperti emas.

Staking
Tindakan mengunci koin atau token seseorang untuk membantu verifikasi transaksi untuk cryptocurrency dengan mekanisme konsensus Proof-of-Stake (PoS). Para staker memperoleh imbalan stakin dengan memberikan layanan ini.

Support
Tingkat support kripto adalah nilai yang diyakini sebagai titik dimana cryptocurrency tersebut tidak akan jatuh di bawahnya. Tingkat ini biasanya ditopang oleh jumlah besar permintaan dan kegiatan pembelian karena trader meyakini bahwa aset tersebut dihargai lebih rendah (undervalued).

Tt

Tinggi Blok (Block Height)
Tinggi dari suatu blok adalah jumlah blok sebelum blok tersebut pada blockchain.

Tanda tangan Digital
Kode digital (yang dibuat dan diotentikasi dengan enkripsi kunci publik) yang terlampir pada sebuah dokumen yang dikirimkan secara elektronik untuk verifikasi isi dan identitas pengirim.

Trading Margin
Metode trading aset dengan menggunakan dana yang disediakan oleh pihak ketiga.

Token Non-Fungibel (NFT / Non-Fungible Token)
Token non-fungibel adalah tipe token kriptografi khusus yang mewakili sesuatu yang unik. Artinya, NFT tidak dapat saling dipertukarkan dengan spesifikasi individu mereka. Barang-barang koleksi, seni rupa digital dan item game adalah contoh NFT.

Tingkat Resistensi
Resistensi, atau tingkat resistensi, adalah harga dimana harga suatu aset bertemu dengan tekanan ketika berada dalam posisi naik, yang disebabkan oleh kenaikan jumlah penjual yang ingin menjual pada harga tersebut.

Testnet
Testnet adalah blockchain Bitcoin alternatif yang digunakan secara khusus untuk pengetesan. Koin Testnet terpisah dan berbeda dari Bitcoin yang sebenarnya, dan tidak pernah ditujukan untuk memiliki nilai nyata. Testnet memampukan para pengembang aplikasi atau penguji Bitcoin untuk melakukan percobaan, tanpa harus menggunakan Bitcoin asli atau tanpa mengkhawatirkan akan merusak blockchain Bitcoin utama.

Tanda waktu
Tanda Waktu yang Terpercaya adalah suatu proses melacak secara aman waktu penciptaan dan modifikasi suatu dokumen. Tanda waktu memampukan pihak-pihak terkait untuk mengetahui, tanpa keraguan, bahwa suatu dokumen tertentu ada pada tanggal dan waktu tertentu. Transaksi Bitcoin dirancang untuk mencantumkan tanggal dan waktu yang disimpan pada Blockchain.

Token
Umumnya, token adalah cryptocurrency yang tidak didukung oleh blockchainnya sendiri. Biasanya, token disediakan menggunakan fungsi blockchain mata uang lainnya. Sebagai contoh, token ERC20 yang disediakan dari smart contract di blockchain Ethereum.

Transactions per second (TPS / Transaksi per detik)
TPS adalah jumlah transaksi yang dapat diproses oleh jaringan tiap detiknya.

Transaction ID (atau TxID)
Penanda yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu transaksi tertentu secara khusus.

Uu

Unspent Transaction Output (UTXO / Output Transaksi yang Tidak Terpakai)
Dalam cryptocurrency, output transaksi yang tidak terpakai adalah sebuah abstraksi dari uang elektronik. Tiap UTXO mewakili rantai kepemilikan yang diterapkan sebagai rantai Tanda tangan Digital dimana pemilik menandatangani pesan yang memindahkan kepemilikan UTXO mereka kepada Kunci Publik penerima.

Vv

Volatilitas
Dalam keuangan, volatilitas adalah tingkat variasi harga trading seiring waktu, biasanya diukur menggunakan deviasi standar dari keuntungan logaritma. Volatilitas historis mengukur serangkaian waktu dari harga pasar di masa lalu.

Volume
Volume adalah total jumlah barang apapun yang dipertukarkan selama periode waktu tertentu. Bursa biasanya akan menunjukkan volumenya untuk setiap crypto, yaitu jumlah yang dipertukarkan pada bursa tertentu, biasanya dalam 24jam terakhir, kecuali jika disebutkan periode waktu lain.

Ww

Waktu Konfirmasi
Waktu konfirmasi adalah waktu yang diperlukan sejak suatu transaksi blockchain dikirimkan ke jaringan hingga transaksi tersebut akhirnya terekam sebagai blok yang terkonfirmasi.

Whale
Seorang individu atau pihak yang memiliki jumlah mata uang digital yang besar.

Whitelist
Istilah whitelist merujuk pada suatu daftar individu, lembaga, program komputer atau alamat cryptocurrency yang teridentifikasi dan terotorisasi.

Whitepaper (laporan resmi)
Dalam istilah kripto, white paper adalah dokumen resmi yang biasanya dikeluarkan oleh proyek blockchain baru sebelum melakukan ICO, yang memberikan informasi kepada pembacanya mengenai teknologi, metodologi, produk atau layanan baru yang sedang diluncurkan.

Xx

XRP
Layanan pembayaran xRapid dari jaringan Ripple menggunakan cryptocurrency XRP yang didasarkan pada sistem kas XRP. XRP digunakan untuk memfasilitasi transaksi pada jaringan Ripple. Ripple dan XRP sering digunakan secara bergantian, tetapi secara teknis, Ripple adalah platform pembayaran dan XRP adalah aset digital yang beroperasi secara independen dari Ripple.

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo