Portal Pembelajaran Luno

Kami siap berkomunikasi dalam bahasa apapun
Glossary icon

Pelajari istilah-istilah seputar cryptocurrency

Glosarium ini mengandung istilah yang biasa Anda temukan dalam dunia cryptocurrency.

Kembali ke Portal Pembelajaran

Aa

Altcoin
Suatu cryptocurrency yang bukan Bitcoin. Ada ribuan altcoin dengan nilai dan tujuan penggunaan yang berbeda-beda.

Arbitrase
Proses jual beli sekuritas, mata uang digital, atau komoditas secara bersamaan di area pasar yang berbeda untuk mendapatkan keuntungan dari perbedaan harga untuk satu aset yang sama.

Ask
Order jual.

Bb

Bid
Order beli.

Bitcoin
Cryptocurrency pertama yang dibangun di atas teknologi Blockchain yang terdiri atas 21 juta unit. Diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009, Bitcoin adalah mata uang kripto orisinil.

Bitcoin Cash
Cryptocurrency hasil hard-fork Bitcoin pada 1 Agustus 2017, dengan ukuran blok yang lebih besar, dan ditujukan agar penambang (miners) dapat memproses lebih banyak transaksi per blok.

Blockchain
Jaringan terdesentralisasi yang merekam transaksi-transaksi, seperti layaknya buku besar dalam dunia akuntansi tradisional. Transaksi-transaksi ini dapat berupa perpindahan mata uang, barang, atau data yang aman.

Blok
Mengandung informasi transaksi. Blok dapat dipandang seperti lembaran dalam suatu buku besar akuntansi.

Block reward (Imbalan blok)
Koin baru yang diberikan kepada penambang (miners) yang berhasil menambang suatu blok transaksi di jaringan Bitcoin (atau cryptocurrency lain).

Bubble
Ketika harga dari suatu aset mengalami inflasi dan melewati nilai sesungguhnya dari aset tersebut. Ketika bubble ‘pecah’, harganya turun secara drastis.

Biaya miner
Penambang mendapatkan imbalan/hadiah blok jika memecahkan suatu blok. Selain itu, para penambang juga mendapatkan biaya yang dibayarkan oleh orang-orang yang ingin mengirim koin mereka. Ketika jaringan sedang padat, penambang biasanya memasukkan transaksi dengan biaya terbesar ke blok yang mereka pecahkan.

Cc

Cold storage
Dompet yang disimpan offline. Ini adalah prosedur keamanan untuk menghindari akses yang tidak sah.

Dd

Desentralisasi
Protokol tata kelola, yang ditandai dengan adanya distribusi kontrol dan wewenang pada semua peserta. Bitcoin terdesentralisasi karena banyak penambang yang berbeda-beda memastikan keamanan jaringan Bitcoin. Berbeda dengan jaringan terpusat, seperti perbankan, di mana satu otoritas seperti bank sentral yang membuat keputusan.

Difficulty (Kesulitan)
Jumlah usaha yang dibutuhkan untuk menambang blok. Tiap cryptocurrency memiliki metode penyesuaian kesulitan masing-masing. Pada Bitcoin, tingkat kesulitan dalam menambang blok disesuaikan setiap dua minggu untuk memastikan perubahan jumlah penambang yang memproses transaksi tidak secara drastis meningkatkan jumlah Bitcoin baru yang diterbitkan.

Dompet hardware
Alternatif lain untuk dompet cryptocurrency, ini adalah perangkat khusus untuk menyimpan kunci privat Anda (biasanya disimpan secara offline untuk keamanan tambahan).

Dompet
Perangkat lunak (software) yang memungkinkan Anda kirim dan terima cryptocurrency. Ingat, koin disimpan di blockchain, dompet hanya mengandung kunci privat untuk otorisasi jika pemilik dompet ingin mengirimkan koin ke dompet lainnya.

Ee

Ethereum
Diciptakan oleh Vitalik Buterin, Ethereum adalah platform komputasi yang terdistribusi, suatu blockchain yang dibangun untuk memproses transaksi dan informasi lainnya, seperti smart contracts. Lihat Portal Belajar Ethereum kami.

Exchange (Bursa)
Tempat dimana pembeli dan penjual bertemu untuk melakukan jual beli aset, seperti Bitcoin, saham, atau derivatif lainnya.

Ff

Fiat
Uang konvensional atau uang yang diterbitkan pemerintah (mata uang lokal Anda).

Fork
Fork terjadi ketika sekelompok peserta (penambang) menjalankan versi perangkat lunak (protokol) yang berbeda. Jika versi baru memiliki ‘kompatibilitas mundur’ dan menggunakan fitur dan data yang ada sebelumnya, maka fork disebut soft fork dan semua peserta tetap berada di blockchain yang sama. Namun jika tidak, fork disebut hard fork sehingga blockchain akan dipecah menjadi dua rantai terpisah.

Hh

Hash
(Kata benda) Algoritma kriptografi.
(Kata kerja) Suatu tindakan melaksanakan algoritma kriptografi terhadap data tertentu. Baca lebih lanjut di sini.

Hash rate (Tingkat hash)
Tingkat hash mengukur seberapa kuat mesin (Bitcoin) penambang tersebut - yaitu berapa kali fungsi hash dapat diproses per detik. Keuntungan yang dapat diharapkan penambang berbanding lurus dengan tingkat hash mesinnya. Tingkat hash juga digunakan untuk mengukur seberapa banyak daya komputer yang diperlukan untuk blockchain tertentu.

Hodl
Artinya adalah untuk menahan/menyimpan (hold) dan tidak menjual Bitcoin Anda. Kata ini mulai populer pada 2010 ketika terjadi typo di form Bitcoin viral. Typo ini lalu disebut sebagai akronim dari “Hold on for dear life” atau “Simpan untuk hidup yang indah”.

Ii

ICO / token sale
Initial coin offering (atau ICO) adalah penjualan token di blockchain sebelum mereka diterbitkan. Publik umum dapat membeli token ini ketika token telah diterbitkan kepada para partisipan.

Kk

Kriptografi
Praktik dan studi teknik komunikasi yang aman meskipun adanya kehadiran pihak ketiga yang disebut lawan. Dalam konteks cryptocurrency, kriptografi memvalidasi dan memastikan keamanan informasi transaksi.

Kunci privat
Kunci privat adalah suatu kode digital, seperti kata sandi, yang digunakan untuk memberi otorisasi untuk transaksi cryptocurrency di blockchain. Kode ini harus disimpan dengan aman dan dirahasiakan karena dengan kode ini, pemiliknya dapat mengirim koin dari dompet tertentu.

Kunci publik
Kunci publik adalah kode digital khusus yang membedakan dompet Anda dari dompet-dompet lain di blockchain; yang biasa disebut alamat dompet. Anda dapat memberikan alamat dompet Anda kepada seseorang yang ingin mengirimkan cryptocurrency kepada Anda.

Konfirmasi transaksi
Kira-kira setiap sepuluh menit (di blockchain Bitcoin, namun waktu di blockchains lainnya mungkin berbeda), sebuah block baru dibuat dan ditambahkan ke blockchain melalui proses penambangan. Blok ini memverifikasi dan mencatat transaksi baru. Karena blok berikutnya harus terhubung dengan blok sebelumnya, setiap blok berikutnya bertindak sebagai konfirmasi pendahulunya. Misalnya, jika transaksi dimasukkan di blok 101, dan blok terbaru adalah 110, transaksi dikatakan telah mendapatkan 10 konfirmasi. Dengan cara ini, transaksi dikatakan telah dikonfirmasi oleh jaringan (Bitcoin).

Ll

Ledger
Suatu riwayat transaksi.

Mm

Mata uang kripto
Mata uang digital yang menggunakan kriptografi untuk validasi dan memastikan keamanan transaksi.

Mining (Tambang)
Perakitan perangkat keras komputer untuk memproses transaksi di blockchain (Bitcoin atau lainnya). Penambang melakukan ini untuk menerima imbalan dan keuntungan hasil tambang.

Multi-signature / multisig
Pada dompet, multiple signature (atau MultiSig) mengacu pada persyaratan bahwa diharuskan adanya beberapa otorisasi (biasanya dari orang yang berbeda) untuk melakukan suatu transaksi pengiriman ke blockchain. Contohnya, Anda memiliki 5 orang yang diberi wewenang untuk mengirim Bitcoin dari dompet MultiSig, namun setidaknya harus ada 3 dari 5 orang yang menyetujui transaksi tersebut sebelum transaksi dilakukan.

Nn

Node
Suatu perangkat dengan salinan blockchain yang senantiasa berbagi informasi dengan node lain di seluruh jaringan. Node tersebut tidak selalu menambang cryptocurrency tetapi ia berkontribusi terhadap desentralisasi serta keamanan blockchain. Semua penambang adalah node tapi tidak semua node adalah penambang.

Oo

Order limit
Order yang dipasang dengan menentukan jumlah dan harga yang Anda inginkan. Tergantung pada harga yang ditentukan, order limit mungkin berhasil dieksekusi langsung oleh order yang telah berada di buku order (dalam hal ini, order limit Anda adalah order taker). Jika tidak, order limit bisa juga masuk ke dalam buku order dan menunggu order lain yang sesuai (dalam hal ini order limit Anda disebut order maker).

Order maker
Order maker dapat merupakan order limit beli yang di bawah harga pasar, atau order limit jual yang di atas harga pasar. Order menunggu di buku order hingga order menemukan order lain yang sesuai dengannya.

Order market
Order yang dipasang hanya dengan menentukan jumlah yang Anda inginkan, dan tidak harganya. Order akan dieksekusi langsung pada harga terbaik yang ada di pasar. Dengan kata lain, order market mencocokkan diri dengan order yang ada di buku order. Order market adalah order taker.

Order
Suatu instruksi untuk melakukan perdagangan (beli atau jual) melalui bursa (misalnya pasar saham). Di Luno Exchange, Anda dapat menukar Bitcoin untuk mata uang lokal dan sebaliknya.

Order taker
Order taker dapat merupakan order beli pada / di atas harga pasar, atau merupakan order jual pada / di bawah harga pasar. Order ini biasanya berhasil dieksekusi langsung, tanpa perlu menunggu di buku order. Karena order ini mencocokkan diri dan mengambil order apa yang sudah ada di buku pesanan sebelumnya, order ini disebut “order taker”.

Otentikasi dua faktor
Kadang disebut juga dengan “2FA”. Otentikasi dua faktor adalah lapisan keamanan tambahan di samping kata sandi Anda. 2FA mengharuskan Anda memiliki perangkat lain (seperti ponsel Anda) yang akan menampilkan kode unik yang berubah-ubah setiap waktunya. Selain kata sandi Anda, Anda diharuskan memasukkan kode 2FA tersebut untuk memberikan akses untuk masuk ke akun Anda atau untuk melakukan transaksi tertentu.

Rr

Reward halving
Setiap empat tahun, jumlah Bitcoin yang diterbitkan sebagai imbalan untuk para penambang dikurangi setengahnya. Ini juga merupakan sebab mengapa Bitcoin dianggap mengalami deflasi.

Ss

Satoshi
(orang) Satoshi Nakamoto adalah orang yang menciptakan Bitcoin. Ini adalah nama samaran. Identitas asli penemu Bitcoin tidak diketahui publik.
(unit) Satu satoshi adalah unit terkecil dari Bitcoin. 1 Satoshi = 0.00000001 Bitcoin.

SHA256
SHA (Secure Hash Algorithm) yang digunakan Bitcoin. Lihat hash.

Segregated Witness (Segwit)
SegWit adalah fitur dari beberapa protokol blockchain (termasuk Bitcoin dan Litecoin), yang memindahkan sebagian data transaksi dari blok utama sehingga mengurangi ukuran transaksi. Dengan begitu, situasi akan memungkinkan lebih banyak transaksi masuk ke dalam satu blok tanpa harus menambah ukuran blok.

Smart contract
Program perangkat lunak yang dibuat di blockchain dan dikenali dengan suatu alamat. Transaksi yang dilakukan di blockchain dapat mengeksekusi suatu smart contract dengan berbagai cara, misalnya dengan mengirimkan cryptocurrency atau data ke alamat kontrak. Jika berhasil dieksekusi, smart contract tersebut dapat memproses lebih banyak transaksi atau mengeksekusi smart contracts lainnya.

Spread
Ini adalah perbedaan (atau selisih) antara harga tertinggi order beli (lihat bid) dan harga terendah order jual (lihat ask). Spread yang kecil menandakan pasar yang sehat dan stabil.

Tt

Token
Umumnya, token adalah cryptocurrency yang tidak didukung oleh blockchainnya sendiri. Biasanya, token disediakan menggunakan fungsi blockchain mata uang lainnya. Sebagai contoh, token ERC20 yang disediakan dari smart contract di blockchain Ethereum.

Transaction ID (atau TxID)
Penanda yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu transaksi tertentu secara khusus.

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin dan Ethereum sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo