Kembali ke Portal Belajar

Apa itu dApp?

dApp merupakan interface bagi smart contract dan blockchain.

Andaikan blockchain adalah internet, smart contract adalah World Wide Web, dan aplikasi-aplikasi terdesentralisasi adalahi Youtube atau Facebook.

dApp pada dasarnya adalah aplikasi atau program terdesentralisasi yang sepenuhnya open source. Ini berarti bahwa sementara aplikasi tradisional berjalan pada jaringan tunggal komputer, dApp berjalan dalam jaringan peer-to-peer yang terdesentralisasi, dimana tidak ada satu pihak yang memiliki kendali penuh atasnya.

Pada jaringan peer-to-peer, informasi terus menerus dibagikan di antara peserta yang ada. Semakin tinggi jumlah peserta dalam jaringan, semakin kuat jaringan tersebut. Pengguna juga menyediakan daya komputasi sesuai kebutuhan yang diperlukan untuk menjaga agar jaringan terus berjalan. Sebagai imbalan agar mereka melakukan hal ini, mereka menerima token sesuai platform tersebut sebagai kompensasi.

Dengan dApp, para pengguna juga didorong untuk memberikan suara atas perubahan dalam perangkat lunak dengan menggunakan mekanisme konsensus. Bayangkan sistem ini seperti sebuah Wikipedia dimana seluruh kontributor bisa memberikan persetujuan apakah Freddie Mercury berasal dari India atau tidak, atau apakah Caesar salad ditemukan pertama kali pada tahun 1924 atau pada zaman Roma kuno.

Blockchain Ethereum merupakan blockchain utama dibangunnya dApp dan laporan resmi mereka mendefinisikan tiga jenis dApp: aplikasi yang mengatur uang, aplikasi yang melibatkan uang (namun juga memerlukan informasi dari sumber lainnya), dan aplikasi dalam kategori “lain-lain”, termasuk sistem pemungutan suara dan tata kelola. Namun seperti teknologi baru lainnya, definisi ini terus berubah dan cara penggunaan baru terus ditemukan tiap harinya.

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo