Kembali ke Portal Belajar

Apa itu serangan dust?

Satuan terkecil Bitcoin adalah 1 satoshi (0.00000001 BTC). Tidak ada definisi jelas tentang berapa satoshi dalam satu dust, tetapi istilah ini biasa dipakai untuk menjelaskan jumlah yang kurang dari biaya transaksi yang diperlukan - biasanya beberapa ratus satoshi. Jumlah ini sangatlah kecil sehingga orang tidak akan memperhatikannya di dalam dompet mereka.

Para peretas dan penipu akan mengirimkan jumlah kecil aset crypto ini ke banyak dompet cryptocurrency pengguna. Bitcoin tidaklah anonim seperti yang diyakini banyak orang, tetapi sifatnya pseudo anonim. Ini berarti peretas dapat melacak uang dan seluruh transaksi yang dilakukan oleh dompet yang terkena “dust” untuk menjalankan analisis gabungan dari beberapa alamat, sehingga mereka dapat menghubungkan alamat tersebut dan akhirnya mendapatkan identitas orang atau perusahaan di balik alamat tersebut.

Jika cara ini berhasil, peretas dapat menggunakan informasi ini untuk menyerang target mereka, baik melalui serangan phishing atau ancaman dunia maya lainnya.

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo