Kembali ke Portal Belajar

Apa perbedaan hot wallet dan cold wallet?

Cold wallet dan hot wallet merupakan tempat penyimpanan cryptocurrency. Perbedaan utama keduanya adalah cold wallet tidak terhubung dengan internet, sedangkan hot wallet terhubung dengan internet. Keduanya dirancang untuk tujuan yang berbeda dan, dalam banyak kasus, para pengguna cryptocurrency memiliki keduanya.

Hot wallet disimpan secara daring melalui platform yang menawarkan layanan penyimpanan (seperti Luno). Layanan yang sangat terenkripsi. Dengan hot wallet, pengguna mempercayakan platform untuk menyimpan dan mengamankan data pribadi dan kunci publik mereka. Karena bersifat daring, Anda dapat mengakses crypto Anda dengan lebih mudah. Cold wallet biasanya menjadi pilihan bagi mereka yang ingin memiliki kendali lebih atas cryptocurrency mereka.

Cold wallet menawarkan tingkat keamanan terhadap ancaman digital yang lebih tinggi, karena penyimpanannya di luar jaringan. Hot wallet lebih rentan terhadap ancaman peretasan, sedangkan cold wallet lebih rentan terhadap ancaman fisik.

Ada dua jenis solusi utama bagi cold wallet. Paper wallet adalah kunci pribadi dan alamat publik yang dicetak ke selembar kertas. Dompet kertas sangat cocok untuk penyimpanan jangka panjang, selama Anda menyimpannya dari jangkauan peretas.

Kelemahannya adalah rentan rusak dan hilang. Hardware wallet merupakan perangkat fisik di luar jaringan, mirip dengan USB, yang menyimpan kunci pribadi Anda dan bisa Anda hubungkan ke komputer Anda ketika Anda ingin melakukan transfer cryptocurrency. Sistem penyimpanan ini tidak mudah dirusak, namun perlu disimpan di tempat yang aman.

It’s never too late to get started

Buy, store and learn about Bitcoin, Ethereum, XRP and Litecoin now

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo