Kembali ke Portal Belajar

Apa yang akan terjadi ketika semua Bitcoin sudah ditambang?

Bitcoin diciptakan sebagai imbal balas kepada para penambang karena telah memecahkan block dalam blockchain Bitcoin, yang artinya memastikan keamanan mereka. Ketika Bitcoin dibuat, pada protokolnya tertulis bahwa penawaran Bitcoin hanya akan dibatasi sebanyak 21 juta. Setiap 210,000 block yang ditambang, imbal balas akan berkurang setengah nilainya. Hal ini berarti Bitcoin yang terakhir tidak akan tertambang hingga kira-kira tahun 2140.

Pada titik ini, tidak akan ada lagi Bitcoin yang diterbitkan, kecuali jika ada perubahan pada perangkat lunak Bitcoin, yang kecil sekali kemungkinannya. Ketika Bitcoin terakhir ditambang, para penambang tidak akan lagi menerima Bitcoin sebagai imbalan verifikasi dan pengamanan transaksi.

Jika demikian, bagaimana dengan insentif bagi para penambang tersebut?

Walaupun para penambang tidak perlu lagi membuat Bitcoin, mereka masih perlu melakukan verifikasi transaksi. Para penambang akan tetap menerima biaya transaksi, yaitu biaya kecil yang Anda terima ketika mengirim Bitcoin.

Biaya transaksi sendiri jumlahnya jauh lebih kecil dibandingkan dengan imbalan memecahkan block, dan tentunya tidak cukup menguntungkan bagi penambangan. Meskipun demikian, lambat laun biaya ini akan mengalami peningkatan dan nantinya akan bernilai cukup tinggi untuk mendorong agar para penambang tetap menambang.

Teknologi penambangan juga kemungkinan besar akan meningkat jauh, hingga menjadi lebih kecil dan murah sehingga bisa dipasang pada berbagai perangkat elektronik.

It’s never too late to get started

Buy, store and learn about Bitcoin, Ethereum, XRP and Litecoin now

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo