Bagaimana harga Bitcoin ditentukan? Ini jawabannya

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 2 menit

Harga Bitcoin mengalami peningkatan sejak Bitcoin pertama kali diluncurkan. Hal ini juga dipengaruhi oleh meningkatnya pengguna dan minat terhadap Bitcoin, tidak hanya pengguna Bitcoin Indonesia tapi juga di berbagai belahan dunia lainnya.

Banyak pengguna Luno lalu bertanya kepada kami:

“Mengapa harga Bitcoin lebih tinggi/rendah di Luno dibandingkan harga Bitcoin yang ditampilkan di Google dan Exchange (perusahaan) lain?”

Ketika mengecek harga Bitcoin, Anda perlu mengingat bahwa tidak ada standar global harga Bitcoin. Bitcoin tidak terikat mata uang, negara, atau bursa apapun.

Lalu, bagaimana harga Bitcoin ditentukan?

Pertama-tama, ketahuilah bahwa cara kerja pergerakan harga Bitcoin sama seperti mata uang atau objek lainnya. Mari kita ambil contoh bagaimana harga suatu objek ditentukan - kita bisa menggunakan jeruk sebagai perumpamaan. Berapa harga jeruk?

Jawabannya: tergantung. Poin pertama penentuan harga jeruk adalah dengan dua hal berikut: berapa harga yang diinginkan oleh orang yang menjualnya, dan berapa harga yang diinginkan oleh orang yang membelinya. Jika John ingin menjual jeruk dengan harga Rp 3.000,- dan Sarah hanya mau membayar Rp 2.000,- maka deal tidak terjadi. Namun jika mereka sepakat dengan harga tertentu, misalnya Rp 2.500,- maka transaksi terjadi. Pada musim panas, maka lebih banyak orang ingin membeli jeruk, sehingga harga jeruk naik. Atau jika ada banjir sehingga persediaan jeruk berkurang, namun banyak orang ingin membeli jeruk, maka harga juga akan naik.

Bitcoin dan mata uang lain sedikit berbeda dari jeruk karena mereka bersifat ‘homogen’ - satu dollar identik dengan dollar lainnya, seperti Bitcoin identik dengan Bitcoin lainnya. Jeruk, di sisi lain, dapat berbeda tergantung besar dan kualitasnya. Dengan kata lain, lebih gampang menentukan harga Bitcoin atau mata uang karena sifat identik tersebut.

Kemiripan cara kerja Bitcoin dan mata uang

Banyak orang tidak menyadari bahwa mata uang lainnya juga bekerja dengan cara yang sama persis seperti Bitcoin - jika Anda sedang memegang koin atau uang kertas dalam mata uang lokal Anda di tangan Anda saat ini, pada saat yang bersamaan ada jutaan orang yang melakukan jual beli mata uang lokal Anda, jadi walaupun Anda merasa harga mata uang Anda stabil, sebenarnya harga tersebut berubah secara terus menerus.

Jika Anda ingin menukarkan uang Anda ke mata uang lokal lain, misalkan untuk USD, hari ini mungkin Anda akan membayar dengan 10 lembar mata uang lokal Anda, namun pada hari berikutnya bisa saja menjadi 11 atau 9. Bitcoin bekerja sama persis seperti itu - Anda dapat membayangkannya seperti mata uang jenis lain dari apa yang Anda miliki sekarang.

Itulah sedikit penjelasan tentang bagaimana harga Bitcoin ditentukan. Terus asah ketajaman pengetahuan seputar Bitcoin, harga Bitcoin, dan cryptocurrency  lainnya di blog kami atau ikuti kami di Instagram dan Facebook.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo