Koreksi harga, bitcoin pulih cepat di Rp 700 juta lebih

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 3 menit

Sebelum kita sempat merayakan berbagai peristiwa penting dalam sepekan terakhir, koreksi harga bitcoin terjadi. Minggu ini, pasar dibuka dengan penurunan dua digit di hampir semua aset kripto dengan market cap besar. Pada Senin 22 Februari, bitcoin diperdagangkan dengan rentang harga yang cukup besar, yakni US$10,877 (Rp 150 juta lebih) – jatuh dari harga tertinggi sepanjang masa (all-time high) ke angka US$45,000 (Rp 640 juta) kurang dari 24 jam.

 

Koreksi harga bitcoin sedramatis ini belum pernah terjadi di pasar kripto sejak awal Januari. Dengan minat yang masih besar pada pasar aset berjangka dan kondisi pasar yang overleveraged, maka koreksi harga bitcoin bukanlah hal yang mengejutkan. Koreksi harga merupakan hal yang sehat bagi pasar. Meskipun bagi mereka yang baru terjun di pasar, hal ini cukup mengejutkan.

 

Untungnya, setelah ‘drama’ hari Senin dimana bitcoin jatuh ke level US$ 45.000 (Rp 640 juta), berbagai berita positif yang muncul sehari setelahnya telah mendorong pasar kripto kembali bangkit. Saat artikel ini kami tulis pun, bitcoin kembali stabil di atas level US$ 50.000 (Rp 700 juta). Akankah bitcoin kembali terdorong naik lebih tinggi menuju ATH-nya? Atau kita masih akan melihat koreksi harga bitcoin 2.0?

 

Analisis harga

Likuidasi dan ketakutan terhadap pasar diduga menjadi penyebab utama harga bitcoin terjun ke bawah US$50,000 (Rp 700 juta). Banyak yang beranggapan bahwa penurunan di hari Senin ke angka US$46,000 (Rp 655 juta) adalah harga terendah pada koreksi harga bitcoin kali ini, tetapi harga kembali jatuh ke angka US$45,000 (Rp 650 juta) pada Selasa pagi.

 

Tidaklah mengejutkan jika konsolidasi BTC berada pada level Support ini untuk beberapa hari terakhir. Jika harga berhasil kembali ke level US$52,000 (Rp 730 juta) maka hal ini adalah tanda positif bagi pasar (bullish). Namun jika harga berada pada rentang level ini hingga kisaran US$50,000 (Rp 700 juta) maka ini juga merupakan sinyal positif. Karena sejatinya pasar yang sehat ditandai dengan melambatnya pergerakan setelah terus menerus menanjak naik selama sebulan penuh.

 

Beberapa pihak memperkirakan harga akan bergerak ke bawah level US$40,000 (Rp 550 juta), yang merupakan angka tertinggi di bulan Januari. Support di atas level tersebut menandakan pembalikan level Support/Resistance, dan merupakan sinyal bullish.

Sentimen pasar masih tinggi, tetapi ketakutan mulai membayangi 

Indeks Fear and Greed berakhir di angka 94, namun kami memperkirakan akan terjadi penurunan yang cukup signifikan di minggu ini. Indeks diperbarui tiap hari, dan dengan penurunan di seluruh pasar pada hari Selasa, banyak investor yang mungkin akan merasakan ketakutan.

 

Volume harian tertinggi ke 3 sepanjang masa saat koreksi harga bitcoin

Volume trading di banyak exchange melonjak pada hari Senin, dengan pergerakan besar harian bitcoin. Lebih dari US$ 18 miliar (Rp 252 triliun) ditradingkan di berbagai exchange terkemuka. Hal ini sekaligus menandai volume harian tertinggi ke 3 sepanjang masa. Volume bitcoin mingguan pun kembali menanjak naik, dengan volume di atas US$10 miliar (Rp 140 triliun) dalam beberapa hari terakhir.

 

Pergerakan harga harian bitcoin mencapai 20% selama dua hari berturut-turut 

Awal minggu ini bitcoin mulai bergerak lebih fluktuatif daripada biasanya. Pergerakan harian menunjukkan kenaikan 18% pada hari Senin dan Selasa. Bitcoin jatuh dari US$57,000 (Rp 820 juta) ke US$46,000 (Rp 655 juta) di hari Senin sebelum pulih ke angka US$54,000 (Rp 780 juta). Volatilitas ini pun terus berlanjut di hari Selasa, dimana BTC jatuh dari harga open US$54,000 ke angka US$45,000. Rekomendasi terbaik minggu ini adalah untuk tetap berhati-hati dengan posisi leverage, baik longs maupun shorts.

 

Isi artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan bukan saran investasi atau bentuk rekomendasi ataupun ajakan. Luno selalu menyarankan Anda untuk mendapatkan nasihat keuangan oleh Anda dan untuk Anda sendiri sebelum berinvestasi atau trading cryptocurrency.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo