Berita Kripto: BTC cetak rekor daily-close di atas IDR 150 juta terlama 🎉

Tim Luno
Back to blog


lama baca 3 menit

Saatnya selebrasi! Bitcoin cetak pencapaian besar pekan ini dimana daily-close ada di atas IDR 150 juta dalam 63 hari berturut-turut. Tak hanya sampai di situ, rekor ini diperpanjang dua hari kemudian menjadi 65 hari berturut-turut! Rekor sebelumnya yaitu 61 hari saat bull run di penghujung 2017. Saat itu, BTC pun sentuh all-time high lebih dari IDR 260 juta! Apakah hal serupa akan kembali terjadi?

Secara keseluruhan, pasar BTC relatif stabil pekan ini. Ada kenaikan kecil ke arah US$11.000 (IDR 163 juta) pada hari Senin, meskipun hal tersebut belum mampu mendorong price action. Sayangnya, rendahnya price action tersebut diduga dampak dari turunnya pasar saham global. Tentu saja hal tersebut mengindikasikan bahwa BTC dan saham masih berkorelasi erat. Kondisi pasar aset investasi secara umum saat ini bisa jadi dipengaruhi oleh pemilu AS November nanti dan ketidakpastian seputar COVID-19.

Analisis harga

Secara keseluruhan, belum ada lonjakan besar di pasar BTC pekan ini. Terjadi retest di kisaran level US$10.000 (IDR 150 juta) - BTC bertahan kuat di atas level ini yang juga merupakan level psikologis penting. Terjadi kenaikan harga kecil hingga US$10.800. Namun volume dalam 5 hari terakhir cukup rendah yang diikuti dengan price action yang relatif stagnan (sideways). Kondisi ini juga membuat baik bulls atau bears sama-sama tidak memegang kendali di pasar.

 

Level yang harus diperhatikan

Dalam dua minggu berturut-turut, level yang harus diperhatikan masih sama. Setelah bertahan di kisaran US$10.000 (IDR 150 juta) dan diperkuat dengan retest minggu lalu, level support dalam jangka pendek terlihat di US$9.800 (IDR 148 juta).

 

Jika nantinya terjadi breakout ke atas, kita masih perlu menguji ulang (retest) dan menembus level US$11.080 (IDR 165 juta) yang sempat menghentikan momentum kenaikan dua minggu yang lalu. Jika malah terjadi lonjakan mengarah ke yearly-high US$12.500 (IDR 187 juta), zona resistance ada di kisaran $11.900 (IDR 178 juta) - $ 12.000 (IDR 180 juta).

 

Volume menunjukkan tren turun 

 

Rata-rata volume mingguan BTC sedikit turun minggu ini. Volume rendah dalam sepekan terakhir mengindikasikan bahwa pelaku pasar belum begitu yakin akan tren naik atau turun pada kisaran harga saat ini. Hal ini menegaskan adanya ketidakpastian di pasar saat ini.

 

Tren volatilitas BTC naik 

Volatilitas BTC kembali naik dan nyari lampaui tingkat volatilitas 30-hari. Bitcoin mulai bergerak lagi setelah bergerak relatif stagnan dalam beberapa pekan di bulan September. Kenaikan volatilitas baru-baru ini dapat mengindikasikan bahwa market sedang menantikan pergerakan besar yang akan datang.

 

Adopsi BTC kian meningkat

 

Jumlah alamat harian BTC yang aktif telah tumbuh pesat tahun ini! Sedangkan dilihat dari rata-rata dalam 180 hari, jumlah tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang masa. Pada hari Rabu, 25 September, ada 1,15 juta alamat aktif di Bitcoin.

 

Meskipun ini lebih rendah dari rekor 1,28 juta pada 14 Desember 2017, pertumbuhan saat ini jauh lebih organik dan lebih kuat. Hal ini adalah indikasi pertumbuhan yang sehat dan menunjukkan bahwa adopsi dan penggunaan bitcoin semakin meningkat.

Isi artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan bukan saran investasi atau bentuk rekomendasi ataupun ajakan. Luno selalu menyarankan Anda untuk mendapatkan nasihat keuangan oleh Anda dan untuk Anda sendiri sebelum berinvestasi atau trading cryptocurrency.

Avatar Tim Luno
Author

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo