Berita Kripto: Sempat koreksi, kini harga BTC mulai naik

Tim Luno
Kembali ke blog


4 minute read

Setelah sempat terkoreksi lebih dari satu pekan, pasar kripto tidak menunjukkan banyak pergerakan yang signifikan. Namun kabar baiknya, kini pasar mulai terlihat pulih sejak awal pekan ini.

 

 

Sentimen pasar sejauh ini di bulan September berada di level "Fear" - berbeda dengan euforia di bulan Agustus saat sentimen pasar menunjukkan “Extreme Greed”. Sementara itu, setelah satu pekan price action didominasi posisi sideways, akhirnya BTC kembali naik pada hari Senin hingga saat berita ini kami tulis (Rabu 16 September). Pertanyaannya sekarang adalah, apakah tren naik ini akan terus berlanjut? Pantau terus pergerakannya di aplikasi Luno Anda!

 

Dilihat dari tiga aset kripto dengan performa terbaik, ETH memimpin 3 teratas minggu ini setelah turun sebesar 25% minggu lalu. Ketidakpastian akan pergerakan pasar saham yang kami singgung minggu lalu juga hilang sejak pekan lalu meskipun pelaku pasar masih menunggu antisipasi pidato Jerome Powell pekan ini terkait kebijakan pasar dari bank sentral AS. Hal tersebut kemungkinan besar akan mempengaruhi pasar saham dan pasar kripto.

Analisis harga

Setelah melewati beberapa minggu yang fluktuatif saat terjadi koreksi harga BTC dari yearly-high US$12.000 (Rp 178 juta)  turun ke level US$10.000 (Rp 150 juta), bulls tampaknya kini mulai kembali ke pasar BTC. Pergerakan BTC mulai stabil dengan kisaran trading US$9.800 - US$10.600 (Rp 146 juta - Rp 158 juta). Tampaknya daya beli investor dan trader cukup kuat untuk menahan turunnya harga - setidaknya untuk saat ini. Hal tersebut juga mengakibatkan beberapa momentum kenaikan jangka pendek selama beberapa hari terakhir untuk mendorong harga ke kisaran yang disebutkan di atas dan mendorong lebih tinggi lagi dari US$10.200 (Rp 152 juta) ke kisaran US$11.000 (Rp 161 juta pada saat berita ini ditulis).

Setelah indeks RSI menunjukkan bounce korelatif ke arah atas, tren harga tampaknya menunjukkan kondisi bullish untuk saat ini. Namun, hanya waktu yang akan menunjukkan apakah ini koreksi jangka pendek sebelum tekanan ke bawah berlanjut, atau bisa jadi ini awal dari to-the-moon berikutnya.

Level yang perlu diperhatikan

Dengan kisaran harga trading di sideways market yang disebutkan di atas, kita dapat mulai mempertimbangkan level terendah dalam beberapa minggu terakhir sebagai level support baru. Artinya, jika momentum berubah, kita dapat membidik level support di antara US$9.800 dan level psikologis US$10.000.

 

Di sisi lain, kita masih harus melihat pergerakan harga sebelum kita dapat memastikan level resistance yang ditarik dari beberapa waktu ke belakang. Namun, level yang harus diperhatikan untuk tanda-tanda resistance dapat ditemukan di kisaran US$11.100 (Rp 166 juta) lalu kemudian US$12.000 (Rp 178 juta), sebelum BTC kembali sentuh harga tertinggi tahunannya (yearly-high) di US$12.500 (Rp 184 juta).

 

Fear mereda, pasar mulai netral

Banyak trader atau investor menahan langkahnya di pasar kripto karena penurunan yang brutal di awal bulan ini. Setelah menduduki posisi "Fear" selama 10 hari, ketakutan mulai mereda dan pasar mulai kembali optimis. Sementara pelaku pasar lebih berhati-hati daripada awal Juni lalu, kini rata-rata sentimen pasar ada dalam keadaan yang lebih netral.

 

Volume Bitcoin kembali turun

Tren penurunan volume Bitcoin terhenti minggu lalu, tetapi tampaknya akan kembali naik. Rata-rata volume mingguan Bitcoin menurun hampir setengahnya dalam sepekan. Meskipun bounce kemarin yang menjadi kabar baik bagi pelaku pasar, kita perlu melihat lebih banyak aktivitas di bursa kripto besar untuk mendukung pemulihan volume si raja kripto ini.

 

Volatilitas terendah dalam 1 bulan lebih

Akhir pekan ini volatilitas mingguan BTC turun ke level yang rendah sama seperti akhir Juli. Meskipun terlihat lonjakan kecil dengan kenaikan harga Senin lalu, level ini masih tergolong rendah. Volatilitas rendah seperti saat ini tidak terlalu sering terlihat. Nampaknya tidak masuk akal untuk mengasumsikan bahwa Bitcoin akan segera mulai bergerak.

 

Transfer Bitcoin sentuh level tertinggi dalam 1 tahun

Pada pertengahan Agustus, jumlah transfer Bitcoin di jaringan blockchain Bitcoin mulai meningkat. Minggu lalu, kami melihat aktivitas transfer tertinggi dalam lebih dari setahun, dengan hampir 3,5 juta BTC ditransfer dalam sehari. Sejak awal Agustus, jumlah harian koin yang ditransfer telah meningkat lebih dari 200%.

Isi artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan bukan saran investasi atau bentuk rekomendasi ataupun ajakan. Luno selalu menyarankan Anda untuk mendapatkan nasihat keuangan oleh Anda dan untuk Anda sendiri sebelum berinvestasi atau trading cryptocurrency.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

It’s never too late to get started

Buy, store and learn about Bitcoin, Ethereum, XRP and Litecoin now

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo