Berita kripto: Bitcoin naik, aset kripto lain tampak mengekor

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 4 menit

Dapatkan info dan berita menarik seputar pergerakan pasar kripto dan harga Bitcoin naik dalam sepekan terakhir. Anda bisa simak info lengkapnya di bawah ini.

Pasar kripto tunjukkan momentum kuat

Satu pekan saat harga aset kripto terlihat cukup volatil telah berlalu. Harga pun menunjukkan tren naik yang cukup kuat sejak kamis 23 April. Sudah hampir 2 pekan Ethereum (ETH) terlihat makin menguat dan dalam sepekan terakhir ETH pun bergerak naik cukup solid hampir 8%. Sekarang Bitcoin naik kembali ke level sebelum market crash 12 Maret lalu terjadi dimana saat ini level resistance terlihat kuat, tetapi tampaknya bull masih mendominasi saat ini.

Sejak awal tahun, Bitcoin naik kira-kira 7%. Seperti yang disebutkan beberapa kali selama beberapa minggu terakhir, traders harus terus bertindak dengan hati-hati. Baik pasar saham maupun aset kripto telah mengalami kenaikan nilai akhir-akhir ini di tengah kondisi dunia yang masih kacau, dan kemungkinan kedepannya harga masih akan naik-turun.

Dilihat dari indeks kripto, terjadi kenaikan harga yang signifikan

Bulan April terlihat bulan yang cukup solid karena dilihat dari semua indeks kripto, terlihat kenaikan yang signifikan. Mid Caps (aset kripto dengan jumlah market cap menengah) mendominasi hampir di sepanjang April. Dengan kenaikan lebih dari 29% bulan ini diikuti oleh Small Caps kini masih memimpin.

Tak mau kalah, Small Caps seolah mengejar untuk menyusul Mid Caps di bulan ini di 24% minggu ini. Sementara itu, Bitcoin naik 15% di bulan April, setelah berhasil mencapai titik balik modal (BEP) minggu lalu. Kini Bitcoin berada di level yang lebih tinggi dari level awal tahun ini; US$ 7.100 (Rp 110 juta).

 

Bitcoin dalam sepekan

Turun ke bawah level rata-rata 2020, volume trading mulai stabil

Volume rata-rata trading mingguan masih cenderung turun. Tren penurunan pada volume trading ini telah terlihat sejak anjloknya pasar pada bulan Maret lalu. Meskipun volume trading kini berada di bawah rata-rata 2020, volume sebetulnya mulai terlihat stabil. Tentunya perubahan momentum dalam volume trading akan memberikan lebih banyak kepercayaan bagi investor.

Wow harga ditutup dengan candlestick hijau dalam 6 minggu berturut-turut

Mari kita lihat lebih detil analisa pergerakan harga minggu ini! Bitcoin baru saja berhasil menggenapi penutupan harga dengan candlestick hijau dalam 6 minggu berturut-turut. Hal ini belum pernah kembali terlihat sejak awal 2019, yang merupakan awal dari tren bullish tahun lalu. 

Analisis level resistance dan support utama menunjukkan kepada kita bahwa Bitcoin sekarang berada di level penting. Para bulls tampaknya masih mendominasi pasar, tetapi nampaknya masih dibutuhkan waktu untuk lampaui level saat ini. Level tersebut juga pernah menjadi support  di bulan Juni dan September tahun lalu. Selain itu, harga BTC harus melawan level resistance ini selama hampir 7 minggu pada bulan November dan Desember. Pekan lalu harga ditutup kuat, tepat di atas US$7.700 (Rp 119 juta). Di sisi lain, bear mengintai penutupan di bawah level yang sama minggu ini, dan candlestick merah pertama sejak market crash bulan lalu.

Akhirnya! Kepercayaan terhadap Bitcoin naik lagi

The Fear & Greed Index kini mulai membaik dan meninggalkan titik "Ketakutan Ekstrim". Titik extreme fera pertama kali terlihat sejak 9 Maret dan periode terlama sejak indeks ini diluncurkan pada Februari 2018. Kini akhirnya, indikasi kondisi mulai membaik terlihat karena titik index beralih ke tiitk "Ketakutan", karena investor semakin percaya diri.

Di sisi lain, volatilitas BTC dalam 30 hari telah turun dalam seminggu terakhir. Kini tingkat volatilitas mulai kembali ke level "normal", turun sekitar 3%. Volatilitas yang lebih rendah menunjukkan pasar yang stabil - mungkin kita telah melewati ketidakpastian terburuk di pasar kripto saat ini.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo