Berita Kripto: Breakout! Bitcoin tembus Rp 200 JUTA!

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 3 menit

 

Performa luar biasa kembali ditunjukkan Bitcoin minggu ini dengan mencetak rekor yearly-high baru beberapa kali dalam beberapa hari terakhir. Bitcoin tembus US$13.350 (Rp 197 juta) hari Minggu menandai harga tertinggi yang terakhir terlihat pada kuartal ke tiga tahun lalu. Sementara itu daily-close 27 Oktober di angka US$13.654,22 (Rp 200,5 juta) merupakan yang tertinggi sejak 15 Januari 2018.

 

Diduga, hal ini setidaknya atau sebagian besar didorong oleh peningkatan kehadiran lembaga institusional yang mulai mengadopsi Bitcoin. Sejumlah perusahaan besar, termasuk MicroStrategy dan Square, baru-baru ini menambahkan BTC ke neraca mereka sebagai lindung nilai inflasi.

 

Pada saat yang sama, investor terkenal seperti Paul Tudor Jones juga telah mengakuisisi BTC untuk portofolionya, dengan alasan yang sama; BTC terbukti memiliki fungsi sebagai lindung nilai inflasi di tengah iklim stimulus moneter dan fiskal global yang berat.

 

 

Analisis harga

 

Bitcoin menembus level US$12.000 (Rp 180 juta) minggu lalu dan terus naik ke atas US$13.000 (Rp 191 juta). Posisi ini masih dipertahankan hingga saat artikel ini di tulis. Hari Minggu weekly-close BTC tercatat di posisi tertinggi untuk sejak awal Januari 2018 dan investor kini mencari harga tertinggi baru lainnya.

 

Level US$14.000 (Rp 208 juta), yang merupakan puncak harga BTC pertengahan tahun lalu, adalah level berikutnya yang harus diperhatikan. Jika level US$14.000 berbalik jadi level support, kemungkinan harga BTC akan mengarah ke all-time high di bulan Desember 2017. Namun, penurunan ke kisaran US$ 12.000- US$12.500 (Rp 180 juta - Rp 187 juta) juga mungkin saja terjadi.

 

Harga naik, pasar semakin kuat di level greed

Indeks Fear and Greed kembali naik dalam seminggu terakhir, dan sentimen pasar pun kian positif. Indeks saat ini berada di angka 61 setelah penurunan dari area "Extreme Greed" pada hari Senin. Seperti disebutkan minggu lalu, ketika sentimen meningkat ke "Extreme Greed", biasanya hal tersebut tidak berlangsung lama. Hal ini selalu penting untuk diingat. Namun, pada kenyataannya indeks berada di area "Extreme Greed" satu bulan penuh di bulan Agustus.

 

Volume harian tertinggi sejak bulan Mei

Lonjakan harga BTC juga menyebabkan lonjakan volume trading. Seperti yang kami sampaikan dalam laporan minggu lalu, trader kemungkinan akan trading bitcoin lagi. Prediksi ini tampaknya telah terbukti benar, dengan volume bitcoin melonjak masif di sepanjang minggu. Volume harian bitcoin tertinggi tercatat pada hari Rabu dimana Bitcoin senilai US$3.5 miliar (Rp 51.532 triliun) diperjualbelikan. Angka ini belum pernah kita lihat sejak bulan Mei 2020.

 

 

Isi artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan bukan saran investasi atau bentuk rekomendasi ataupun ajakan. Luno selalu menyarankan Anda untuk mendapatkan nasihat keuangan oleh Anda dan untuk Anda sendiri sebelum berinvestasi atau trading cryptocurrency.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo