Kembali ke Artikel

Gangguan jaringan Bitcoin

Claristy
lama baca 2 menit

Protokol dan sistem Bitcoin akan mengalami perubahan dalam beberapa minggu mendatang yang disebabkan oleh aktivasi sistem Segregated Witness. Karena aktivasi sistem ini akan membawa perubahan yang sedikit kontroversial, ada beberapa skenario aktivasi yang mungkin terjadi. Dengan demikian, gangguan terhadap jaringan Bitcoin sangat mungkin terjadi dalam beberapa minggu mendatang, termasuk pemberhentian sementara transaksi kirim dan terima Bitcoin.

gangguan-jaringan-bitcoin

Tiga faktor utama yang terlibat dalam situasi ini adalah User Activated Soft Fork (UASF) yang akan terjadi pada 1 Agustus 2017, projek SegWit2x, dan tentunya apa yang ada saat ini (status quo). Rincian masalah ini akan sedikit terlalu teknis untuk dimengerti, namun intinya adalah ada beberapa skenario yang mungkin terjadi, dan tidak ada yang tahu pasti skenario yang mana yang sungguh-sungguh akan terjadi.

Bagi kami, skenario yang paling mungkin terjadi adalah projek SegWit2x akan berlangsung dengan sedikit gangguan minor dalam kurun waktu 1 bulan setelah aktivasi.

Namun, ada kemungkinan skenario lain yang terjadi, yaitu fork yang terjadi di Blockchain. Ini akan mengakibatkan gangguan yang cukup signifikan.

Prioritas kami menjelang minggu-minggu mendatang adalah untuk menjaga uang pelanggan Luno kami apapun skenario yang terjadi. Oleh karena itu, kami akan terus mengamati dan mengawasi situasi yang terjadi di dunia Bitcoin dan mengambil langkah yang tepat sesuai skenario yang terjadi.

Oleh karena itu, kami akan melakukan hal ini dalam kurun waktu bulan depan:

  • Menambahkan syarat jumlah minimum konfirmasi untuk transaksi terima Bitcoin (saat ini Bitcoin dapat Anda terima setelah 3 konfirmasi)
  • Memberhentikan transaksi kirim terima Bitcoin untuk sementara
  • Memberhentikan transaksi trading di Luno Exchange dan jual/beli instan untuk sementara

Artinya, Anda tidak dapat melakukan transaksi kirim/terima Bitcoin di Luno saat gangguan jaringan Bitcoin terjadi, misalnya ketika aktivasi UASF pada 1 Agustus 2017. Anda dapat mengakses semua layanan Luno kembali ketika kami yakin jaringan Bitcoin sudah stabil.

Anda juga harus mempersiapkan diri untuk hal berikut:

  • Meningkatnya volatilitas di pasar Bitcoin
  • Exchange atau layanan dompet Bitcoin lainnya juga mungkin memberhentikan atau menunda transaksi kirim dan terima Bitcoin
  • Ketidakpastian dan kebingungan oleh pers (media) dan forum

Kami akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai situasi ini jika ada update baru melalui blog dan status updates.

Avatar Claristy
Penulis

Claristy

A graduate from the University of Indonesia, Claristy is young, enthusiastic, passionate and been awarded as one of the most outstanding students by several companies and institutions in Indonesia. She is a combination of a perfectionist and a high achiever.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai.
Beli, simpan, serta pelajari Bitcoin dan Ethereum sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo