Kaleidoskop: kilas balik dunia kripto 2019

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 3 menit

Banyak peristiwa penting di dunia cryptocurrency terjadi di sepanjang tahun 2019. Mulai dari legalitas Bitcoin di Indonesia hingga pergerakan harga Bitcoin yang sempat menyentuh US$11.000 atau Rp 179,6 juta (asumsi kurs Rp 14.000). Berikut rentetannya dalam kaleidoskop 2019:

Bappebti resmikan status legal Bitcoin di Indonesia

Jika sebelumnya investasi cryptocurrency seperti Bitcoin di Indonesia tidak bisa dilakukan secara terang-terangan, sekarang Anda dapat beli Bitcoin atau cryptocurrency lainnya tanpa sembunyi-sembunyi. Pasalnya, lewat peraturan yang dikeluarkan bulan Februari lalu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Bappebti telah menyatakan bahwa Bitcoin dan emas digital secara resmi dapat diperdagangkan di Indonesia. 

 

Bitcoin dan cryptocurrency lainnya resmi dikategorikan oleh Bappebti sebagai komoditas. Sama seperti komoditas lain yang diperdagangkan di bursa berjangka, seperti batubara, emas, kopi, karet, dan lainnya.

Tanggapan Jokowi tentang Bitcoin dan blockchain

Ditemui usai menghadiri acara di Lapangan Merdeka Medan tanggal 16 Maret 2019, Presiden Republik Indonesia mengatakan bahwa generasi muda Indonesia harus memahami dan bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi termasuk Blockchain dan Bitcoin.

 

“Harus mengerti artificial intelligence, bitcoin, cryptocurrency, virtual reality, internet of thing, mengerti semuanya.”

- Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia

 

Menurutnya, jika anak muda tidak menguasai perubahan tersebut, negara Indonesia akan kalah berkompetisi dan bersaing dengan negara-negara lain di masa depan.

 

Perkembangan teknologi Blockchain dan Bitcoin di Indonesia memang cukup rendah jika dibandingkan dengan negara besar di Asia lainnya seperti Cina, Jepang, Korea, dan Singapura. Oleh karena itu, dukungan pemerintah dapat mempermudah masyarakat dalam memanfaatkan teknologi Blockchain dan Bitcoin.

Bitcoin aset terbaik 2019

Menurut data dari Coindesk, Bitcoin adalah aset terbaik tahun 2019 karena nilainya yang melonjak hingga 114% hampir di sepanjang tahun 2019. Harga Bitcoin menyentuh level tertinggi yaitu $11.000 (Rp 179,6 juta dengan asumsi kurs Rp 14.000) di pertengahan tahun 2019. Jika dibandingkan dengan beberapa kelas aset lainnya - misalnya emas, aset yang memiliki beberapa kesamaan dengan Bitcoin ini mengalami pergerakan positif 17%.

 

Bagaimana dengan saham dan obligasi? Hingga 30 September, nilai saham mengalami pergerakan paling tinggi sebesar 21% sedangkan dalam 10 tahun, obligasi hanya menghasilkan 1,6%, hampir menyentuh nilai kenaikan terendah dalam sejarah.

Rencana peluncuran Libra oleh Facebook

Dunia cryptocurrency sempat dihebohkan dengan pengumuman Facebook tentang cryptocurrency besutannya, Libra. Dengan mengandalkan dompet digital yang dinamai Calibra, cryptocurrency ini diharapkan bisa menjadi cara baru untuk membayar barang dan jasa sehari-hari secara langsung dari smartphone pengguna Facebook.

 

Meskipun sempat menuai polemik dari berbagai pemerintahan, hingga saat ini proyek ini masih terus bertahan bahkan banyak perusahaan besar turut gabung dalam proyek ini. Kita tunggu saja kapan Libra akan benar-benar diluncurkan. Tahun depan?

Tampilan dan fitur baru Luno

Di bulan Agustus lalu, kami meluncurkan versi terbaru Luno untuk semua pelanggan kami dengan tampilan fresh dan beberapa fitur baru lainnya.

 

Kami bekerja tanpa lelah untuk meluncurkan platform yang menjawab seluruh kebutuhan pelanggan kami akan cryptocurrency. Mulai dari grafik harga dan trading yang dapat Anda lihat langsung di beranda, navigasi menu yang mudah diakses, hingga menu Eksplor yang dapat diandalkan untuk semua info cryptocurrency terkini dari kami. Ingin tahu penjelasan lengkap tentang tampilan dan fitur baru Luno? Baca selengkapnya di sini.

Luno masuk daftar 10 besar exchange terbaik dunia

Memasuki tiga perempat tahun 2019, CryptoCompare merilis CryptoCompare Exchange Benchmark yang berisi peringkat perusahaan exchange cryptocurrency. Dalam daftar peringkat tersebut, Luno menempati 10 besar perusahaan layanan exchange aset kripto terbaik dunia. Dari total 165 layanan exchange yang dievaluasi sebagai bagian dari proses benchmarking, Luno berhasil memperoleh akreditasi A.

 

Luno yang juga beroperasi di Indonesia menjadi satu-satunya perusahaan exchange cryptocurrency di Indonesia yang mendapat akreditasi A. Ulasan lengkapnya dapat Anda lihat di sini.

 

Itulah deretan beberapa info singkat dari sekian banyak peristiwa penting lainnya di dunia cryptocurrency. Nantikan informasi dan artikel menarik lainnya seputar cryptocurrency dari kami. Selamat Tahun Baru 2020!

 

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, dan XRP sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo