Luno resmi terdaftar di Indonesia

Tim Luno
Back to blog


lama baca 3 menit

Pada 31 Maret 2020, Luno resmi terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) dengan nomor sertifikat pendaftaran 007/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020.

 

Berbeda dengan investasi atau pinjaman online yang diatur oleh OJK, atau e-wallet yang diatur oleh Bank Indonesia, Bitcoin diawasi dan diatur oleh BAPPEBTI, di bawah naungan Kementerian Perdagangan. Bitcoin dan aset kripto lainnya mendapatkan status legal sebagai komoditas yang dapat diperdagangkan di Indonesia. Regulasi ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 99 Tahun 2018 tentang Kebijakan Umum Penyelenggaraan Perdagangan Berjangka Aset Kripto. 

 

Selain memberikan kejelasan hukum bagi kami di pasar aset kripto Indonesia, sertifikat terdaftar dari BAPPEBTI ini membawa Luno jauh lebih dekat dengan pelanggan-pelanggan kami di Indonesia. Kami menghargai keterbukaan dan upaya besar dari pemerintah Indonesia dalam memastikan setiap bursa aset kripto yang beroperasi di Indonesia memiliki standar yang memadai dan baik untuk melindungi dana masyarakat Indonesia.

Perjalanan panjang menuju legalitas ini

Pada tahun 2016, jauh sebelum dikeluarkannya regulasi perdagangan aset kripto, Luno bersama Indodax adalah bursa aset kripto Indonesia pertama yang menjalin komunikasi dan bekerja bersama dengan BAPPEBTI. 

 

Kami memaparkan konsep aset kripto kepada BAPPEBTI dan pemerintah, meluruskan miskonsepsi mengenai Bitcoin dan “cryptocurrency”, dan menunjukkan besarnya antusiasme masyarakat Indonesia akan aset kripto ini; mereka yang telah bergabung sebagai pelanggan Luno sejak awal berdirinya Luno di Indonesia. Pembahasan ini terus berlanjut, hingga akhirnya kolaborasi antara BAPPEBTI dan pelaku industri melahirkan peraturan perdagangan aset kripto di Indonesia di awal tahun 2019 yang terus diikuti dengan pertambahan rincian regulasi seiring berjalannya waktu.

 

Dalam pelaksanaannya, regulasi terhadap bursa aset kripto dibagi dalam dua tahap; pendaftaran dan persetujuan dari BAPPEBTI. Saat ini, seluruh bursa aset kripto yang beroperasi di Indonesia dikategorikan sebagai “Pedagang Fisik Aset Kripto” dan wajib mendaftarkan diri. Hanya bursa yang terpercaya, handal, dan memenuhi kriteria spesifik yang ditentukan oleh BAPPEBTI yang dapat memperoleh sertifikat terdaftar sebelum nantinya masuk ke proses untuk mendapatkan lisensi / persetujuan.

 

Untuk mendapatkan sertifikat terdaftar, kami harus melewati proses yang cukup panjang dan membutuhkan waktu berbulan-bulan. Di bawah ini kami uraikan kriteria atau persyaratan yang telah kami penuhi sehingga Luno resmi terdaftar di BAPPEBTI. 

 

Memiliki izin usaha resmi di Indonesia

Kami telah hadir di Indonesia dan memiliki izin usaha resmi berbentuk PT (Perseroan Terbatas) sejak tahun 2016. Sejak itu, kami telah melayani lebih dari ratusan ribu pelanggan kami di Indonesia.

Modal dasar

Setiap bursa aset kripto termasuk Luno wajib menyetorkan modal paling sedikit sebesar Rp25.000.000.000,- (dua puluh lima miliar rupiah). Persyaratan ini ditetapkan untuk memastikan bahwa kami mampu menjamin keamanan dana pelanggan kami.

Audit keuangan

Untuk memastikan bahwa bursa kripto memiliki keuangan yang baik sehingga dapat terus memberikan layanan terbaik kepada pelanggannya, diperlukan audit laporan keuangan. Hal ini juga penting untuk memastikan bahwa kami bebas dari segala bentuk kecurangan finansial dan resiko penipuan.

Sertifikat verifikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informasi

Sistem Informasi dan Teknologi kami telah lulus verifikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informasi. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa sistem informasi dan teknologi yang kami miliki sepenuhnya aman dan memenuhi standar nasional yang ditetapkan Kementerian Komunikasi.

Tim manajemen yang kredibel

Pemeriksaan latar belakang pun dilakukan terhadap tim manajemen kami. Syarat ini bertujuan untuk memastikan Luno dipimpin oleh orang yang memiliki latar belakang yang jelas dan pengalaman yang memadai, dan berkomitmen untuk menjamin keamanan dana nasabah.

 

Proses registrasi ini kami lakukan tidak lama setelah Luno diluncurkan kembali di Malaysia November 2019 lalu. Luno menjadi satu-satunya bursa kripto yang diberikan status Operator Pasar yang Diakui (Recognised Market Operator) oleh Komisi Sekuritas (Securities Commission) Malaysia. Untuk itu, kami siap ketika harus mengikuti proses pendaftaran yang ditetapkan oleh BAPPEBTI. Ini menjadikan Luno sebagai satu-satunya bursa aset kripto yang terdaftar resmi di Indonesia & Malaysia. Ini menunjukkan komitmen dari kami bahwa legalitas transaksi dan keamanan dana pelanggan adalah yang utama bagi kami.

 

Langkah kami selanjutnya

Penting untuk kami sampaikan bahwa upaya kami untuk terus mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam penyelenggaraan perdagangan aset kripto tidak hanya sampai di sini. Saat ini kami juga sedang berupaya untuk memenuhi persyaratan untuk mendapatkan lisensi persetujuan dari BAPPEBTI.

 

Dengan status terdaftar yang kami dapatkan dari BAPPEBTI, kami harap industri aset kripto di Indonesia semakin berkembang, salah satunya dalam bentuk rasa percaya dan aman dari masyarakat Indonesia dalam melakukan transaksi jual-beli aset kripto seperti Bitcoin. 

 

Kami ucapkan terima kasih banyak kepada pihak-pihak yang telah membantu kami dalam proses registrasi ini dan semua pelanggan setia kami khususnya di Indonesia atas dukungannya selama ini. Kami akan terus bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi Anda semua.

 

Sebagai bentuk apresiasi kami kepada pelanggan kami dan trader Bitcoin di Indonesia, kami meluncurkan program Exclusive Rewards. Program ini adalah program benefit khusus untuk trader aktif (transaksi total 20 juta dalam satu bulan). Ini merupakan komitmen kami untuk menjadikan Luno sebagai tempat terbaik untuk trading aset kripto di Indonesia. Pada program tersebut, trader dapat menikmati rebate/cashback hingga 0.12% dari volume, analisa pasar mingguan, dan Artificial Intelligence trading support. Jika Anda tertarik, silakan klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang program ini atau ikuti kami di Facebook, Instagram, dan Telegram group Luno Indonesia.

Avatar Tim Luno
Author

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo