Tips terhindar dari scam / penipuan di media sosial

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 4 menit

Kejahatan siber ikut berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Hanya dengan bermodalkan smartphone dan aplikasi atau akun di media sosial, pelaku penipuan menjalankan aksinya untuk mengelabui dan menipu. Direktorat Tindak Pidana Siber, Badan Reserse Kriminal Polisi Republik Indonesia (Bareskrim Polri) melaporkan adanya lebih dari 1600 kasus kejahatan siber di sepanjang 2019.

 

 

Dunia kripto ternyata tidak luput dari sasaran penipuan dimana pelaku penipuan atau scammer biasanya akan mengiming-imingi calon korban dengan keuntungan investasi atau trading yang menggiurkan. Jika Anda familiar dengan trading atau transaksi cryptocurrency, Anda tentunya tahu bahwa tidak seperti transaksi menggunakan kartu kredit, transaksi cryptocurrency tidak dapat dibatalkan atau dikembalikan otomatis. Hal inilah yang juga dijadikan celah oleh scammer untuk menjalankan aksi penipuannya.

 

Secara garis besar, tujuan utama scammer adalah untuk mendapatkan aset Anda, hal ini dapat berupa uang atau cryptocurrency di dompet Anda.

 

Untuk mengantisipasi dan mewaspadai penipuan di sosial media atau aplikasi pesan singkat, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

 

Facebook

 

Scammer di Facebook menjalankan aksi penipuannya dengan beberapa cara. Skenario yang dibuat bisa saja berbeda-beda, namun Anda perlu mewaspadai hal-hal di bawah ini.

 

Dalam sebuah grup atau laman akun Facebook - misalnya laman akun resmi Facebook Luno Indonesia, sebelum berinteraksi langsung dengan Anda di Facebook, scammer akan menjawab pertanyaan Anda di bagian komentar. Setelah itu mereka akan membujuk Anda untuk melakukan percakapan melalui Facebook Messenger atau bahkan melalui aplikasi pesan instan seperti WhatsApp.

 

Mereka juga pada umumnya akan menjanjikan keuntungan investasi atau trading yang tinggi jika Anda mengirim uang kepada mereka untuk berinvestasi atas nama Anda. Jika hal seperti ini terjadi, kami sangat menyarankan agar Anda tidak mengirim uang kepada oknum-oknum seperti mereka walaupun Anda dijanjikan keuntungan yang berlipat ganda.

 

Sudah menjadi bagian dari akal sehat kita bahwa sebaiknya kita menghindari interaksi dengan orang yang tidak dikenal di platform media sosial, termasuk Facebook, apalagi mengirim sejumlah uang kepada mereka.

 

Instagram

Hampir serupa dengan apa yang dilakukan scammer di Facebook, mereka juga biasanya akan membalas komentar Anda di akun terkait cryptocurrency atau bahkan akun resmi Instagram Luno Indonesia.

 

Selain itu, mereka juga biasanya berusaha mengirim pesan langsung di Instagram atau yang dikenal dengan direct message (DM). Dari situ, mereka akan mulai membujuk Anda untuk berinvestasi atau trading dengan dalih "menggandakan uang" atau “pemasukan tambahan”.

 

Jika Anda melihat profil akun oknum penipu seperti ini, Anda biasanya akan melihat instagram mereka dipenuhi dengan foto-foto uang, tangkapan layar (screenshot) keuntungan hasil trading palsu/hasil editan, barang-barang mewah yang mereka klaim dibeli dengan uang hasil trading. Hal demikian mereka lakukan semata-mata hanya untuk membuat Anda terkesan dengan kesuksesan yang mereka raih dari hasil investasi yang mereka lakukan dengan harapan bahwa Anda akan semakin yakin untuk mengirimkan uang sebagai investasi kepada mereka.

 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menghindari interaksi dengan orang yang tidak Anda kenal di platform media sosial.

 

Aplikasi pesan instan seperti Telegram dan WhatsApp

 

Telegram dan WhatsApp adalah platform yang populer di kalangan komunitas kripto. Aplikasi seperti ini menjadi platform yang menghubungkan komunitas dan perusahaan kripto di industri ini untuk mendiskusikan berita, dan berbagi tren dan info atau acara kripto dengan anggota komunitas lainnya. Namun, pengguna platform seperti ini juga dapat menjadi target penipuan scammer. Scammer akan berkedok trader atau broker atau sebuah organisasi untuk mendapatkan akses ke akun, dompet (wallet), bahkan uang Anda.

Penting untuk Anda ketahui bahwa meskipun Anda adalah anggota grup Telegram resmi Luno Indonesia, tanpa Anda sadari mungkin ada anggota di dalam grup yang sebetulnya adalah oknum penipu. Kami juga menemukan tren baru dimana scammer mengontak Anda secara langsung di Telegram atau di platform lainnya secara pribadi di luar grup Telegram Luno Indonesia.

 

Perlu Anda ketahui bahwa tim kami di grup Telegram resmi Luno Indonesia hanya akan mengontak Anda langsung secara pribadi di luar grup jika Anda mengalami kendala atau masalah terkait aplikasi Luno. Selain itu, tim kami tidak akan pernah mengontak Anda di media sosial atau aplikasi pesan instan manapun untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

 

  • menawarkan investasi atau trading secara langsung dengan imbalan atau jaminan keuntungan berlipat
  • meminta Anda untuk kirim sejumlah uang atau cryptocurrency Anda
  • meminta Anda untuk memberitahu informasi akun pribadi Anda di Luno seperti; password, rincian rekening bank, kode OTP, kode otentikasi dua faktor (2FA), dan link otorisasi transaksi Anda di Luno - jangan pernah bagikan informasi tersebut kepada siapapun.

 

Jika Anda menerima pesan dari seseorang yang mengaku bekerja di Luno atau mitra kerja Luno, kami sarankan agar Anda untuk berhenti berkomunikasi dengan orang tersebut dan sampaikan kepada kami dengan mengirimkan tangkapan layar percakapan Anda dengan orang tersebut ke [email protected]

 

Saat ini, kami memang belum mendapatkan centang biru sebagai tanda verifikasi di Telegram. Namun kami sedang berupaya mendapatkannya agar Anda lebih mudah mengenali grup Telegram Luno Indonesia yang resmi. Pastikan Anda hanya berinteraksi dengan tim Luno di grup Telegram Luno Indonesia kami yang resmi.

 

Phising email

Berikut adalah beberapa tips tentang cara menentukan apakah email itu asli atau tidak:

 

  1. Identifikasi pengirim

 

  • Selalu periksa sumber atau alamat email.
  • Apakah Anda seharusnya menerima email dari pengirim?
  • Jika Anda menerima email dari Luno, hanya ada tiga alamat email resmi Luno yang kami gunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan kami:

 

 

 

  1. Periksa link tapi jangan Anda klik

 

  •  Jika Anda membuka email melalui PC, arahkan kursor ke link untuk melihat alamat situs web yang sebenarnya sebelum Anda mengklik link tersebut. Cermati link yang menggunakan alamat mirip Luno (lunoxxx.com, atau luno-bitcoin.com)
  • Gambar atau tombol juga dapat berisi link ke situs web yang berpotensi berbahaya
  • Jika alamat situs tersebut tampak mencurigakan, jangan Anda klik link apa pun.

 

 

  1. Jangan buka lampiran

 

  • Jika email tersebut tampak mencurigakan, jangan buka lampiran apa pun
  • Lampiran yang berisi perangkat lunak (software) berbahaya dapat disamarkan sebagai dokumen, file PDF atau zip.

 

Hal lainnya yang perlu Anda ketahui dan ingat

 

 

Kami tidak pernah memberikan saran keuangan, investasi, ataupun trading. Siapa pun yang melakukan hal tersebut dan mengatasnamakan Luno (atau bermitra dengan Luno) kemungkinan besar pihak tersebut sedang mencoba menipu Anda.

 

Selain dalih investasi atau trading dengan keuntungan yang besar, tren lainnya yang dilakukan oknum penipu adalah menawarkan pekerjaan atau perekrutan karyawan atas nama sebuah perusahaan. Namun sebelum itu, Anda akan diminta untuk mengirim sejumlah uang atau cryptocurrency.

 

Scammer cenderung memberi tekanan pada calon korban untuk mengambil tindakan atau berbagi informasi dengan mereka - kami tidak akan pernah melakukan ini. Jika Anda merasakan sesuatu yang mencurigakan sedang terjadi, harap akhiri semua komunikasi dan hubungi kami mengenai masalah Anda melalui email ke [email protected].  

 

Gunakan akal sehat Anda: jika Anda mendapat tawaran investasi atau trading dengan jaminan Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda, sebaiknya Anda waspada!

Untuk informasi lainnya terkait penipuan, silakan simak artikel di pusat bantuan kami.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo